Tips Cara Agar Tetap Spiritual Di Dalam Hidup

Tips Cara Agar Tetap Spiritual Di Dalam Hidup

Tips Cara Agar Tetap Spiritual Di Dalam Hidup – Istilah ‘Kerohanian’ atau ‘Spiritualitas’ tidak memiliki definisi yang pasti, meskipun para ilmuwan sosial telah menetapkan spiritualitas sebagai pencarian untuk yang dikaitkan dengan “kudus,” di mana “suci” secara luas didefinisikan sebagai sesuatu yang diatur terpisah dari umumnya dan pantas dihormati.

Manusia saat ini semakin kehilangan aspek penting dan terindah dalam hidup, yaitu spiritualitas. Mereka semakin sulit menemukan makna hidup sesungguhnya dengan hanya berorientasi profitabilitas dan keuntungan semata.

Semua perbuatan mengharapkan balas jasa. Semua kebaikan dilakukan karena ada maunya. Ada sejumlah cara menemukan Club388 Indonesia cahaya batin Anda agar tetap spiritual di tengah dunia yang semakin menggila, dilansir dari Womanitely.

Diam
Anda bisa berdiam di tempat yang aman untuk merenung. Tutup mata Anda, kemudian bernapas dan lepaskan semua ketegangan hidup. Biarkan pikiran Anda berkelana jauh, atau biarkan dia tetap tenang. Ini bisa dilakukan meski waktu yang Anda punya hanya lima menit saja.

Bertanya pada diri sendiri
Berhubungan dengan batin sendiri, menanggapi emosi yang bangkit dalam pikiran Anda sepanjang hari. Tanyakan pada diri sendiri apa yang Anda rasakan, apa perasaan dan kenangan yang Anda pikirkan. Anda mungkin tidak selalu mendapatkan jawabannya segera, namun itu bisa menjadi salah satu bentuk toleransi dan penerimaan diri untuk meningkatkan kualitas spiritual Anda.

Kembali ke alam
Simpan ponsel, tutup laptop, matikan lampu, dan kembali ke alam. Anda bisa menyatu dengan alam, bagaimanapun caranya. Berada di antara pohon-pohon hijau, rumput, atau tanah yang basah.

Menghirup aroma tanah dan daun, merasakan sinar matahari di kulit, alam adalah jalan termudah menemukan kedamaian diri. Menghormati alam dan menikmati setiap bagian darinya dengan pancaindera akan membuka pikiran dan mendapatkan suka cita sejati.

Cinta dan belas kasih
Membenci satu sama lain lebih mudah dibandingkan mencintai dan mengasihi satu sama lain. Itu adalah hal-hal indah yang bisa dilakukan. Tunjukkan kebaikan pada semua orang di sekitar Anda, bahkan hanya menawarkan tempat duduk di atas bus atau kereta, bisa membuat perasaan lebih baik.

Tak mengharap balas jasa
Tingkat spiritualitas tertinggi adalah ketika Anda bisa melakukan apapun tanpa mengharap balas jasa dari orang lain. Ini membuat dunia lebih cerah. Anda bahkan menerima lebih banyak dari yang sudah diberikan.

Spiritualitas tak berarti Anda harus menjadi ahli agama. Anda hanya perlu membuka pikiran, menunjukkan kebenaran, rasa terima kasih, dan menghargai hal-hal terbaik yang Anda punya dalam hidup.