Ternyata Ada Unsur Mistik Dalam Dandanan Meriah Ondel-ondel

Ternyata Ada Unsur Mistik Dalam Dandanan Meriah Ondel-ondel

Ternyata Ada Unsur Mistik Dalam Dandanan Meriah Ondel-ondel – Ondel-ondel adalah bentuk pertunjukan rakyat Betawi yang sering ditampilkan dalam pesta-pesta rakyat. Tampaknya ondel-ondel memerankan leluhur atau nenek moyang yang senantiasa menjaga anak cucunya atau penduduk suatu desa.

Kehadiran ondel-ondel menjadi salah satu atraksi menarik perhatian pengunjung di acara seperti pernikahan Betawi dilaksanakan. Ondel-ondel identik dengan iringan lagu, tarian khas ondel-ondel, baju tabrak warna, hingga petasan sehingga suasananya menjadi meriah.

DilansirĀ CNN Indonesia, mengesampingkan semua kemeriahan tersebut, ternyata di balik rupa dan dandanan meriah ondel-ondel, dia memiliki makna mendalam sekaligus berbau mistik. Yoyo Muchtar dari Lembaga Kebudayaan Betawi mengatakan bahwa ondel-ondel sejak zaman Club388 pra Hindu sudah ada dan berkembang di Betawi dengan nama Barongan.

Ternyata Ada Unsur Mistik di Balik Dandanan Meriah Ondel-ondel!

Saat itu barongan dipercaya oleh masyarakat sebagai tolak bala atau mengusir wabah penyakit. Fungsi mengusir bala tersebut menempatkan ondel-ondel dalam acara resmi atau sakral, seperti pernikahan, peresmian tempat tinggal baru, atau upacara lainnya.

Akan tetapi sejak ada perubahan nama menjadi ondel-ondel dan dipopulerkan dengan lagu berjudul sama karya Djoko Subagyo, yang dinyanyikan Benyamin Sueb di era 1970-an, sepasang boneka itu kemudian menjadi ciri dasar budaya Betawi. Bukan hanya sekadar ciri budaya, ondel-ondel menjadi hiburan masyarakat untuk menyambut tamu di acara-acara sakral tersebut.

Di era modern ini banyak boneka ondel-ondel untuk cindera mata khas Jakarta dan ada perubahan pada bentuk dari seram menjadi keren. Menurutnya inilah cikal bakal ondel-ondel modern yang sedang tren saat ini.

Ondel-ondel ternyata ada ‘isinya’!
Ternyata Ada Unsur Mistik di Balik Dandanan Meriah Ondel-ondel!

Perubahan bentuk modern ternyata tidak menghilangkan kisah mistik dari ondel-ondel. Hasanuddin, seorang seniman ondel-ondel menceritakan pengalaman mistik tentang boneka kayu tersebut.

Misalnya ketika ada seseorang yang mengenakan ondel-ondel yang terbuat dari kayu, pasti orang tersebut tidak akan ingat dirinya saat mengenakan ondel-ondel. Hal ini dikarenakan ondel-ondel itu ada ‘isinya’. Karena itulah beberapa dari mereka diberi nama dan makan seperti manusia. Ini juga yang menjadi alasan kenapa pemain ondel-ondel sanggup jumpalitan dan loncat-loncat. Konon karena hal itu bukan mereka yang menggerakkan tubuhnya.

Ternyata Ada Unsur Mistik di Balik Dandanan Meriah Ondel-ondel!

Menurutnya, dulu ondel-ondel hanya ada saat pertunjukan tertentuĀ dan dipercaya sebagai tolak bala sekaligus penjaga kampung. Di masa lalu, ondel-ondel pasti tampil menggunakan sesajen, namun sejak era 2000-an kepercayaan tersebut mulai berkurang. Karena ondel-ondel dipercaya memiliki ‘isi’, maka orang-orang dahulu percaya bila ada ondel-ondel, sebaiknya jangan usil terhadap boneka tersebut. Pernah ada penonton yang usil, lalu penunggu ondel-ondel marah. Si pemain pun kerasukan hingga malam.

Terlepas dari semua kisah mistis tersebut, kehadiran ondel-ondel akan terus membawa kemeriahan di setiap acara warga Betawi.