Teori Fenomena Paranormal ini Beredar Dari Para Ilmuwan Ahli

Teori Fenomena Paranormal ini Beredar Dari Para Ilmuwan Ahli

Teori Fenomena Paranormal ini Beredar Dari Para Ilmuwan Ahli – Paranormal merupakan sebutan bagi seseorang yang menggunakan kekuatan indera keenam untuk melihat sesuatu di masa depan. Penggunaan istilah “paranormal” telah berkembang untuk merujuk pada hal-hal yang bersifat  klenik atau magis. Sebagai contoh paranormalis (orang yang mengaku paranormal).

Penampakan masih jadi hal yang menarik diperbincangkan di manapun di dunia, utamanya di Indonesia. Soal penampakan, orang pun terbagi menjadi dua golongan, ada yang percaya itu sesuatu dan ada yang gak percaya dengan mengaitkannya pada logika-logika sains.

Terlepas dari yang mana pun kamu, gak sedikit orang menyatakan pernah melihat penampakan. Kali ini akan dibahas tentang penampakan sekelebat bayangan yang sering muncul di ujung pandangan kita, secara internasionalnya disebut dengan shadow people.

1. Itu jelas hantu
7 Teori Fenomena Paranormal Penampakan Bayangan di Pojokan

Para peneliti beranggapan bahwa bayangan itu bukanlah hantu, hantu dianggap memiliki wajah, muncul cukup ber”cahaya” tertentu, kabur seperti kabut, tapi bukan bayangan. Ini teori pertama yang beredar tapi langsung dipatahkan oleh para peneliti.

2. Setan atau jin
7 Teori Fenomena Paranormal Penampakan Bayangan di Pojokan

Selama berabad-abad, banyak orang masa lampau dengan tradisi kunonya berpikir bahwa penampakan bayangan itu adalah setan, iblis atau sosok yang merepresentasikan alam kegelapan. Banyak mitologi yang beredar di sekitaran teori ini dan mendukungnya.

Terutama cerita Cherokee soal Raven Mocker, seorang penyihir jahat yang muncul bersosokkan seperti bayangan untuk mencuri jiwa orang-orang. Jadi di era modern ini masih ada ahli okultis dan ahli iblis (eh, pekerjaan ini beneran ada lho!) percaya bahwa penampakan bayangan itu datangnya dari setan, iblis atau jin.

3. Tubuh astral atau roh yang sekadar lepas
7 Teori Fenomena Paranormal Penampakan Bayangan di Pojokan

Teori ini berasal dari fenomena astral projection, yaitu ketika kita tidur dan kita melakukan perjalanan astral. Jadi bagi mereka yang terbangun akan melihat mereka yang sedang melakukan perjalanan astral, alias rohnya lepas dari tubuhnya. Teori ini masih hangat diperbincangkan sampai sekarang, karena semakin banyak orang yang menyatakan bahwa mereka mampu dan pernah mengalami perjalanan astral.

4. Penjelajah waktu
7 Teori Fenomena Paranormal Penampakan Bayangan di Pojokan

Teori ini berpemahaman bahwa ketika kita melihat penampakan bayangan, kita sebenarnya menyaksikan seseorang dari masa depan kehidupan kita untuk melihat dan memastikan kenapa hidup kita di era mendatang seperti itu. Sehingga mereka dianggap ingin memperbaikinya di eranya sendiri dari kesalahan masa lampau.

5. Sosok dari dimensi lain
7 Teori Fenomena Paranormal Penampakan Bayangan di Pojokan

Secara ilmiah, banyak penelitian yang sudah membuktikan bahwa ada lebih dari 3 dimensi di alam semesta ini. Kita dianggap bisa menyaksikan orang dari dimensi lain sedang menjalani hidup dalam dunia paralel. Pada pembahasan khusus di fisika kuantum, ini bisa jadi masuk akal.

6. Alien?
7 Teori Fenomena Paranormal Penampakan Bayangan di Pojokan

Teori yang gak pernah berakhir dari dunia barat adalah alien itu ada di kehidupan alam semesta kita. Menurut para peneliti yang mendedikasikan diri meneliti alien, para alien secara berkala datang ke bumi untuk mempelajari tentang kita, manusia. Pada akhirnya nanti mereka dipercaya akan menunjukkan jati diri mereka ketika kita sudah makin berevolusi lebih baik dari manusia perusak bumi yang sekarang.

7. Pikiranmu kurang beres aja
7 Teori Fenomena Paranormal Penampakan Bayangan di Pojokan

Teori terakhir datang dari para ilmuwan dan mereka yang skeptis. Menurut mereka itu semua hanya di pikiran dan imajinasi kita saja. Para psikiater merasa bahwa orang-orang yang menyaksikan itu cuma delusional dan melihat hal-hal akibat dari konsumsi atau aktivitas yang membuat mereka berhalusinasi.

7 Teori Fenomena Paranormal Penampakan Bayangan di Pojokan

Teori memang ada untuk dibuktikan atau dipatahkan. Untuk sementara waktu, semua didasarkan pada pengalaman kita saja selama penampakan yang terlihat itu gak mengganggu.

Paranormal berasal dari bahasa Yunani. “Para” artinya “di luar” atau “melampaui”, dan “normal“. Paranormal berarti sesuatu di luar normal atau melampaui hal-hal normal. Secara definitif, paranormal adalah istilah yang digunakan untuk segala jenis fenomena psikis, pengalaman atau kejadian yang terlihat memiliki hubungan dengan jiwa (psike) atau pikiran (mind), dan yang tidak dapat diterangkan dengan prinsip-prinsip Fisika namun memalui ilmu metafisika.

Terdapat beberapa istilah untuk orang-orang yang berkecimpung dalam praktik paranormal. Untuk orang yang mempunyai kemampuan paranormal di antaranya ada yang medium atau perantara, paragnost (untuk gejala parapsikik), dan parergast (untuk gejala parafisik).

Terkait hal ini, teori mana yang paling kamu percaya dari ke-7 teori di atas? Atau kamu punya pandangan lain selain yang dikemukakan oleh para ilmuwan ini? Share di kolom komentar ya!