Sejumlah Jembatan di Kota Depok yang Memiliki Kisah Mistis

Sejumlah Jembatan di Kota Depok yang Memiliki Kisah Mistis

Sejumlah Jembatan di Kota Depok yang Memiliki Kisah Mistis – Kota Depok adalah sebuah kota yang berada di provinsi Jawa Barat, Indonesia. Kota ini terletak tepat di selatan Jakarta, yakni antara Jakarta dan Bogor. Kota Depok merupakan salah satu kota di Provinsi Jawa Barat yang berbatasan dengan DKI Jakarta dan Banten.

Dahulu Depok adalah kecamatan dalam wilayah Kabupaten Bogor, yang kemudian mendapat status kota pada tanggal 27 April 1999. Menurut sejarah, awalnya Depok merupakan sebuah dusun terpencil di tengah hutan belantara dan semak belukar.

Dengan asal usul tersebut, tak sedikit cerita urban atau kisah mistis di Depok yang masih dipercayai masyarakat. Sejumlah jembatan di Kota Depok tidak terlepas dari kisah mistis yang masih banyak dipercaya oleh masyarakat setempat hingga saat ini. Berikut rangkuman cerita sejumlah jembatan di Kota Depok yang dianggap memiliki kisah mistis.

1. Jembatan gantung biru

JJS Jembatan Gantung Biru #ngontelmentel - YouTube

Kisah pertama berasal dari jembatan gantung biru yang berada di Kampung Utan, Kelurahan Pondok Jaya, Kecamatan Cipayung, Kota Depok. Jembatan yang terbentang di atas Sungai Ciliwung ini sempat menggegerkan jagat maya. Sebab, pada tahun 2020 warganet sempat dihebohkan dengan postingan CCTV jembatan yang merekam seseorang melintas di atas jembatan sambil membonceng sosok yang disebut-sebut adalah kuntilanak.

Tidak sedikit warga sekitar maupun maupun netizen mempercayai hal tersebut, namun ada pula yang membantah bahwa sosok tersebut bukanlah makhluk halus namun hanya pantulan cahaya dari CCTV. Meski banyak cerita mistis, hingga kini jembatan tersebut masih dipergunakan warga untuk melintas.

2. Jembatan Panus
Deretan Kisah Mistis Tiga Jembatan di Kota Depok

Jembatan Panus merupakan jembatan yang paling fenomenal di Kota Depok. Selain dibangun pada zaman penjajahan Belanda, jembatan yang diarsiteki Stefanus Leander ini memiliki kisah mistis yang masih dipercaya warga Kota Depok. Warga sekitar mempercayai jembatan tersebut kerap ditemukan hantu sosok perempuan atau Noni Belanda.

Tidak hanya itu, sejumlah warga yang melintas di jembatan tersebut saat malam hari kerap diganggu sosok hantu perempuan dan anak kecil. Namun sejak pembangunan jembatan baru yang berada tidak jauh dari lokasi jembatan Panus, jembatan tersebut jarang dilintasi warga layaknya sebelum pembangunan jembatan baru.

3. Jembatan Bendungan Mas Yono
Walikota : Bangun Turap dan PJU - RADAR DEPOK

Warga Kota Depok, khususnya di wilayah Kecamatan Bojongsari pasti sudah mengetahui tentang kisah Bendungan Mas Yono. Bendungan yang berada di perbatasan Kota Depok dengan Kabupaten Bogor, menyimpan sejumlah kisah mistis dan menjadi cerita urban warga sekitar.

Jembatan yang berada di atas bendungan ini memudahkan warga untuk melintas dari wilayah Kecamatan Bojongsari menuju Kecamatan Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Namun warga kerap enggan melintas di jembatan Bendungan Mas Yono saat tengah malam. Sebab, jembatan tersebut dipercaya kerap dijaga makhluk halus.

Bahkan, pada era 1990-an warga sekitar masih mempercayai apabila bendungan tersebut dipenuhi air, akan terdengar bunyi gamelan layaknya musik Jawa. Apabila sudah terdengar bunyi tersebut, warga sekitar akan enggan keluar rumah dan lebih memilih diam di dalam rumah. Mitosnya, dahulu saat bendungan tersebut telah selesai dibangun, dilakukan perayaan dengan menyediakan musik gamelan Jawa.