Ragam Tingkah Para Hewan Saat Gerhana Matahari Total Terjadi

Ragam Tingkah Para Hewan Saat Gerhana Matahari Total Terjadi

Ragam Tingkah Para Hewan Saat Gerhana Matahari Total Terjadi – Gerhana matahari terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari  sehingga terlihat menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari di langit bumi. Berdasarkan cara tertutupnya matahari, terdapat empat jenis gerhana matahari: gerhana matahari total, gerhana matahari cincin, gerhana matahari sebagian, dan gerhana matahari hibrida/campuran.

Walaupun bulan berukuran sekitar 400 kali lebih kecil daripada matahari, bulan terletak sekitar 400 kali lebih dekat ke bumi sehingga kedua benda langit ini tampak hampir sama besar di langit bumi. Banyak kesaksian terntang perubahan sikap hewan dan tanaman menjadi aneh ketika terjadi gerhana, seperti: burung-burung menjadi diam atau semua lebah kembali ke sarangnya.

Apa yang Sebenarnya Para Hewan Lakukan Selama Gerhana?

Banyak laporan yang mengungkap perubahan sikap mereka paling terasa ketika gerhana matahari total. Salah satunya, penelitian yang dilakukan oleh Boston Society of Natural History ini akan mengungkap semuanya!

1. Ada bukti keanehan sikap hewan tercatat mulai tahun 1540-an ketika terjadi gerhana matahari total
Apa yang Sebenarnya Para Hewan Lakukan Selama Gerhana?

Elise Richard selaku pembicara protek penelitian “Life Responds” dari California Academy of Sciences, San Fransisco, mengatakan bahwa pada tahun 1544 burung-burung berhenti berkicau, sedangkan pada tahun 1560 burung-burung jatuh ke tanah. Sejak saat itu, penelitian ini dilakukan secara sistematis.

2. Penelitian lebih modern mengungkap aktivitas aneh hewan dalam cakupan yang lebih luas
Apa yang Sebenarnya Para Hewan Lakukan Selama Gerhana?

Gerhana total tahun 1932 yang diteliti sepanjang Maine, New Hampshire dan Vermont, menemukan bahwa jangkrik berbunyi keras, kodok mengorek berisik, nyamuk berkerumun, lebah kembali ke sarangnya dan ayam berkokok.

3. Hewan-hewan yang berukuran kecil cenderung berkerumun dan berpindah bersama ke tempat yang gelap
Apa yang Sebenarnya Para Hewan Lakukan Selama Gerhana?

Penelitian di tahun 60-an sampai 70-an menemukan bahwa hewan berukuran mikro beramai-ramai ke tempat gelap, bahkan laba-laba merobohkan sarangnya di penelitian tahun 1991. Pada tahun 1984, simpanze dalam kurungan mencari tempat tinggi dan melihat fokus ke arah gerhananya.

4. Bentuk aktivitas hewan tersebut berbeda-beda dalam jenis gerhana yang berbeda pula
Apa yang Sebenarnya Para Hewan Lakukan Selama Gerhana?

Beberapa waktu ke belakang, California Academy of Sciences menghimbau masyarakat untuk merekam bentuk aktivitas-aktivitas hewan yang mereka lihat saat terjadi gerhana, pada aplikasi iNaturalist. Sehingga diharapkan ada hasil penelitian yang lebih terarah dan bercakupan luas.

Apa yang Sebenarnya Para Hewan Lakukan Selama Gerhana?

Pernahkah kamu juga menyaksikan aktivitas hewan yang aneh selama terjadinya gerhana? Dengan begitu kamu bisa ikut berpartisipasi dalam penelitian ini. Jika kita tahu alasan mendalam para hewan beraktivitas berbeda ketika gerhana, harapannya kita bisa “memanfaatkan” gerhana dan situasinya itu sendiri.

Bulan diperkirakan terbentuk sekitar 4,5 miliar tahun yang lalu, tak lama setelah pembentukan Bumi. Meskipun terdapat sejumlah hipotesis mengenai asal usul Bulan, hipotesis yang paling diterima saat ini menjelaskan bahwa Bulan terbentuk dari serpihan-serpihan yang terlepas setelah sebuah benda langit seukuran Mars bertubrukan dengan Bumi.

Bulan adalah satu-satunya benda langit selain Bumi yang telah didarati oleh manusia. Program Luna Uni Soviet adalah wahana pertama yang mencapai Bulan dengan pesawat ruang angkasa nirawak pada tahun 1959; program Apollo NASA Amerika Serikat merupakan misi luar angkasa berawak satu-satunya yang telah mencapai Bulan hingga saat ini, dimulai dengan peluncuran misi berawak Apollo 8 yang mengorbit Bulan pada tahun 1968, dan diikuti oleh enam misi pendaratan berawak antara tahun 1969 dan 1972, yang pertama adalah Apollo 11.