Para Makhluk Menyeramkan Dalam Sejarah Mitologi Yunani Kuno

Para Makhluk Menyeramkan Dalam Sejarah Mitologi Yunani Kuno

Para Makhluk Menyeramkan Dalam Sejarah Mitologi Yunani Kuno – Monster  adalah makhluk yang bentuk atau rupanya sangat menyimpang dari yang biasa atau bisa juga makhluk yang berukuran raksasa. Dalam kebanyakan cerita, monster digambarkan sebagai makhluk yang jahat.

Seiringnya dengan perkembangan zaman adapula yang menceritakannya sebagai makhluk yang bodoh (Frankenstein), monster yang baik seperti Hulk dan The Thing, maupun monster imut dan lucu seperti karakter dalam film animasi yang berjudul Monsters, Inc., Pokemon, dan Digimon.

Peradaban Yunani Kuno selalu identik dengan kisah mitologi-nya, terutama tentang daftar idn play poker android para dewa-dewi Olympian yang disembah oleh banyak orang Yunani saat itu. Namun, selain dewa-dewi seperti Zeus atau Hades, mitologi Yunani Kuno juga mempunyai sejumlah kisah menyeramkan.

1. Medusa
7 Monster Paling Seram dalam Mitologi Yunani Kuno, Horor Abis!Dimulai dari Medusa, monster yang mengambil wujud perempuan dengan rambut ular. Dalam mitologi Yunani Kuno, awalnya Medusa hanyalah manusia biasa. Dia lalu dikutuk menjadi monster oleh dewi Athena yang cemburu pada kecantikannya.

Medusa bukan hanya terkenal dan ditakuti karena rambut ularnya yang berbisa, tapi juga tatapannya yang bisa merubah siapa saja jadi batu. Konon, Medusa yang dendam akhirnya berhasil dikalahkan oleh Perseus dengan cara memenggal kepalanya.

2. Typhon
7 Monster Paling Seram dalam Mitologi Yunani Kuno, Horor Abis!

Dalam mitologi Yunani, Typhon atau yang dikenal juga dengan sebutan “Father of All Monsters” merupakan makhluk ganas yang pernah berkeliaran di Bumi. Tubuhnya sangat besar sehingga kapan saja dia berdiri tegak, kepalanya akan menyentuh bintang-bintang.

Dia memiliki dua sayap yang dapat menutupi matahari, kepala naga sebagai ganti dari jari tangan, dan bagian bawah tubuh yang terdiri dari ular yang terus mendesis. Saking seramnya, Typhon membuat para dewa Olympian ketakutan, kecuali Zeus. Zeus juga lah yang berhasil mengalahkan monster satu ini dan memenjarakannya di gunung Etna.

3. Cerberus
7 Monster Paling Seram dalam Mitologi Yunani Kuno, Horor Abis!

Cerberus mungkin tidak seterkenal Medusa, namun monster ini ternyata tidak kalah menyeramkan dari monster lainnya. Cerberus sendiri merupakan anjing peliharaan dewa kematian, Hades. Namun berbeda dengan anjing manusia yang lucu, Cerberus memiliki tiga kepala yang melambangkan masa lalu, masa kini, dan masa depan.

Oleh Hades, Cerberus ditugaskan menjaga pintu masuk dunia bawah. Karena dunia bawah terlarang bagi manusia, Cerberus akan memakan manusia yang mendekati pintunya, sehingga hanya roh mereka saja yang masuk ke dalam dunia bawah.

4. Minotaur
7 Monster Paling Seram dalam Mitologi Yunani Kuno, Horor Abis!

Jika Medusa adalah perempuan berambut ular, maka Minotaur adalah monster pria berkepala banteng. Minotaur tinggal di dalam labirin yang berada di bawah istana Raja Minos, sang penguasa Kreta. Minotaur konon merupakan anak tiri Minos.

Konon, Raja Minos diberi banteng istimewa oleh Poseidon untuk dikorbankan. Namun alih-alih menuruti perintah Poseidon, Minos justru mempertahankan banteng itu. Poseidon yang marah kemudian membuat istri Minos jatuh cinta pada banteng itu, dan melahirkan Minotaur.

5. Hydra
7 Monster Paling Seram dalam Mitologi Yunani Kuno, Horor Abis!

Selain Medusa, Hydra mungkin menjadi monster lainnya yang bukan hanya menakutkan, tapi juga paling berbahaya. Dalam mitologi, Hydra digambarkan sebagai ular raksasa berkepala banyak yang tinggal di dalam danau.

Ketika satu kepalanya dipotong, monster ini akan menumbuhkan dua kepala baru sebagai gantinya. Yang berbahaya dari Hydra bukan hanya kepalanya yang terus tumbuh, tapi nafasnya yang beracun bagi siapa pun yang menghirupnya.

6. Chimera
7 Monster Paling Seram dalam Mitologi Yunani Kuno, Horor Abis!

Tidak kalah dari Cerberus, Chimera juga memiliki kepala tiga. Hanya saja, Chimera tidak mengambil wujud seekor anjing, melainkan singa betina. Anehnya, meski tubuh dan satu kepalanya adalah singa, kepala lainnya justru mengambil wujud kambing dan ular.

Monster Chimera memiliki nafas api, dan seringkali membuat ulah dengan membakar ternak dan petani tidak bersalah. Terakhir, kehadirannya juga sering kali dianggap sebagai pertanda akan datangnya badai maupun bencana alam lainnya.

7. Sphinx
7 Monster Paling Seram dalam Mitologi Yunani Kuno, Horor Abis!

Sphinx sering kali dikaitkan dengan masyarakat Mesir Kuno. Padahal sebenarnya, monster satu ini justru berasal dari mitologi bangsa Yunani. Sama seperti Chimera, Sphinx digambarkan memiliki tubuh seekor singa, namun dengan kepala perempuan dan dua sayap elang.

Dalam kisahnya, Sphinx sering kali menghalangi para penjelajah di perjalanan. Untuk bisa melewatinya, para penjelajah ini harus bisa menjawab teka-teki yang diberikan oleh Sphinx. Penjelajah yang berhasil menjawab diperbolehkan lewat, sedangkan mereka yang gagal akan berakhir menjadi santapannya.

Kata Monster berasal dari bahasa Latin kuno monstros atau monstrum yang berarti “pertanda”, berakar dari kata moneo, “mengingatkan”, juga dapat berarti “keajaiban”. Kata monster selalu berkonotasikan sesuatu yang salah atau jahat, contoh: sesosok yang sangat besar sering tidak disetujui keberadaannya, secara fisik dan psikologis sangatlah mengerikan atau sebagai makhluk yang aneh.

Kalimat monster kadang-kadang ditujukan kepada sosok yang sangatlah bertentangan norma-norma ekosistem. Seseorang yang disebut sebagai monster adalah orang yang sangat jahat, kaku, tidak perhatian, psikopat, dan anti-sosial.

Tentu saja, tujuh monster menyeramkan ini tidak benar-benar ada. Sama seperti dewa-dewi Yunani, keberadaan monster-monster ini hanyalah bagian dari kisah mitologi Yunani Kuno.