Lima Fakta Tentang Angka 13 yang Dikenal dengan Misterius

Lima Fakta Tentang Angka 13 yang Dikenal dengan Misterius

Lima Fakta Tentang Angka 13 yang Dikenal dengan Misterius – Misterius adalah penuh rahasia. Arti lainnya dari misterius adalah sulit diketahui atau dijelaskan (karena tidak jelas tanda-tandanya dan sebagainya). Dalam kebudayaan masyarakat barat, terutama bangsa Eropa Kuno dan Amerika, angka 13 dianggap sebagai angka pembawa sial.

Di zaman dulu, mereka percaya bahwa angka ini berhubungan dengan segala sesuatu yang jahat dan jauh dari hal-hal yang baik. Bahkan, kepercayaan mengenai angka tersebut masih sering kita dengar di zaman modern ini.

Namun, sejauh mana angka 13 memengaruhi psikologis seseorang? Bagaimana sejarah akan kepercayaan tersebut? Yuk, simak penjelasannya!

1. Sejarah munculnya mitos angka 13
Dianggap Pembawa Sial, 5 Fakta tentang Angka 13 yang Misterius

Dilansir laman History, kemungkinan besar awal mula munculnya ketidaksukaan terhadap angka 13 ada di zaman Sumeria Kuno. Saat itu, kalangan matematikawan atau ahli angka menganggap bahwa angka 12 merupakan angka sempurna. Berdasarkan studi modern, didapatkan bukti bahwa bangsa Sumeria Kuno telah mengembangkan sistem bilangan berdasarkan penggunaan 12 angka.

Nah, karena 12 terlanjur dipercaya sebagai angka sempurna, hal itu berdampak pada ketidaksukaan angka 13 secara psikologis. Gagasan itulah yang dirasakan dan diceritakan secara turun-temurun hingga kini. Terlebih lagi, bangsa Sumeria Kuno sudah ada sejak 3 ribu tahun Sebelum Masehi, di mana kala itu ada banyak takhayul yang berkembang di masyarakat.

2. Angka 13 dikaitkan dengan pengkhianatan yang dilakukan Yudas Iskariot
Dianggap Pembawa Sial, 5 Fakta tentang Angka 13 yang Misterius

Lebih lanjut, angka 13 juga pernah dianggap sebagai simbol pengkhianatan Yudas Iskariot terhadap Yesus Kristus sesaat sebelum penyaliban. Kemungkinan besar, mitos tentang angka 13 inilah yang dipercaya oleh masyarakat bangsa Eropa di zaman kuno.

Nah, kisah inilah yang membangkitkan keyakinan bangsa Eropa terhadap keburukan angka 13. Mereka menganggap bahwa angka ini erat kaitannya dengan pengkhianatan, kebohongan, kesedihan, dan bahkan penderitaan.

3. Fobia angka 13
Dianggap Pembawa Sial, 5 Fakta tentang Angka 13 yang Misterius

Ada sebuah ketakutan ekstrem atau fobia terhadap angka 13 yang dinamakan triskaidekaphobia, seperti ditulis dalam National Geographic. Seorang profesor psikologi dari Connecticut College di New London menjelaskan bahwa mitos atau takhayul mengenai angka 13 bagi sebagian orang bisa sangat menakutkan dan dianggap sebagai kenyataan yang valid.

Parahnya lagi, banyak dari penderita fobia itu yang mewariskan rasa takutnya kepada anak atau cucu-cucunya. Dalam kasus fobia yang ekstrem, seseorang bahkan sangat ketakutan dengan segala hal yang berkaitan dengan angka 13, seperti kalender, gedung bertingkat, nomor rumah, dan lain sebagainya. Jika sudah begini, fobia bisa sangat mengganggu kualitas hidup seseorang.

4. Mitos angka 13 terkenal di seluruh dunia
Dianggap Pembawa Sial, 5 Fakta tentang Angka 13 yang Misterius

Meskipun zaman sudah maju, masih ada banyak kalangan yang memercayai mitos-mitos ini. Bahkan, banyak perusahaan besar dan hotel berbintang yang tidak menyertakan 13 sebagai angka resmi mereka. Dilansir laman Travel and Leisure, hampir semua hotel di dunia ini tidak menyertakan angka 13 pada tombol lift atau elevator.

Dalam dunia penerbangan dan pelayaran di Amerika juga seperti itu. Biasanya, tidak ada angka 13 pada kursi di dalam kabin pesawat. Ya, pengusaha asal Amerika atau Eropa umumnya cukup peduli akan hal-hal yang tampak remeh tersebut.

Well, sebetulnya semua berkaitan dengan bisnis. Pengusaha sangat paham siapa dan seperti apa pangsa pasarnya. Meskipun tidak percaya dengan takhayul, mereka tetap mengeluarkan produk tanpa angka tersebut untuk menarik lebih banyak konsumen. Nah, kebetulan, para konsumen tersebut banyak yang percaya tantang mitos angka 13 tadi.

5. Dalam budaya tertentu, angka 13 sama uniknya dengan angka 4, 9, dan bahkan 17
Dianggap Pembawa Sial, 5 Fakta tentang Angka 13 yang Misterius

Angka 13 bukanlah satu-satunya angka menakutkan yang diyakini oleh banyak orang. Ilmuwan dan sejarawan sendiri lebih suka mengidentikkannya sebagai angka yang unik, alih-alih menganggapnya menakutkan. Rupanya, beberapa budaya di dunia juga menganggap sejumlah angka lain sebagai pembawa sial. Di antaranya adalah 4, 9, dan 17.

Angka 4, misalnya, kerap dijauhi oleh orang-orang Tiongkok karena mengandung keburukan dan kesialan, dilansir dalam laman The Daily China. Sementara, dalam budaya Jepang Kuno, 9 dihindari karena bisa bermakna penderitaan. Nah, lain lagi dalam budaya orang-orang Italia yang menganggap 17 sebagai angka pembawa maut.