Inilah Tanda-tanda yang Menunjukkan Hantu Berada Disekitarmu

Inilah Tanda-tanda yang Menunjukkan Hantu Berada Disekitarmu

Inilah Tanda-tanda yang Menunjukkan Hantu Berada Disekitarmu – Hantu atau dedemit (bahasa Inggris: ghost) secara umum merujuk kepada roh tau arwah yang meninggalkan badan karena koit. Definisi dari hantu pada umumnya berbeda untuk setiap agama, peradaban, maupun adat istiadat. Kamu pernah mengalami kejadian atau melihat adanya hantu? Katanya sih keberadaan hantu itu ada bukti ilmiah nya, simak penjelasannya!

Dalam banyak kebudayaan, hantu tidak didefinisikan sebagai zat yang baik maupun jahat. Sebutan setan, iblis, genderuwo, dan sebagainya, lebih umum digunakan untuk merujuk kepada hantu yang jahat. Mungkin kamu sering melihat penampakan hantu di beberapa media online. Atau mungkin kamu juga pernah mendengar kesaksian tentang keberadaan hantu dari teman-temanmu. Bahkan, bisa jadi kamu pernah mengalaminya secara pribadi.

Nah, konon katanya, ada beberapa tanda-tanda nyata yang bisa kamu alami manakala kamu sedang berada dekat di sekitar hantu atau makhluk supernatural. Beberapa tanda-tanda tersebut bahkan terasa sangat intens dan kuat. Namun, benarkah hal-hal tersebut tak dapat dijelaskan secara ilmiah? Penasaran dengan jawabannya, kan? Supaya kamu gak paranoia lagi, yuk, disimak jawaban sains berikut ini.

1. Mencium bau-bau asing yang mengganggu

Menghirup Terus Bau Sampah, Berbahayakah? | Republika Online

Apakah kamu pernah mencium bau aneh secara mendadak tanpa sebab? Jika ya, hal tersebut adalah sebuah kewajaran, kok. Pasalnya, di dunia ini ada banyak orang yang mengalami fenomena ini.

Biasanya, bau yang muncul juga akan bervariasi. Mulai dari bau bunga yang wangi, daging terbakar, bau busuk, hingga bau menyerupai darah, semua bisa muncul dalam fenomena “mengerikan” ini.

Penyebabnya bisa beragam, misalnya kelelahan, kerusakan pada indra penciuman, adanya penyakit (tumor) otak, hingga gejala penyakit mental seperti stres berat atau depresi. Namun, secara umum, kelelahan dan stres menjadi penyebab utama dari fenomena phantosmia ini.

2. Perilaku aneh hewan peliharaan
Anda Penyuka Anjing? Kenali 6 Perilaku Aneh Anjing dan Apa Maksudnya (2) - Semua Halaman - Intisari

Jika kamu memiliki anjing dan kucing kesayangan, coba deh perhatikan tingkah laku mereka. Mungkin di beberapa kesempatan, mereka pernah bertingkah laku aneh dan membuatmu cukup cemas.

Bagi anjing, melolong adalah salah satu perilaku khas yang biasanya mereka lakukan di saat-saat tertentu. Sedangkan, kucing akan menggeram pelan dan fokus dalam memerhatikan sesuatu di suatu tempat, padahal tidak ada apa-apa di tempat tersebut.

Sedangkan, pada kucing yang menggeram pelan juga menunjukkan cara komunikasi yang diwariskan oleh nenek moyang kucing. Di habitat aslinya, kucing hutan akan menggeram, mendesis, dan bahkan meludah karena mereka sedang mempertahankan teritorialnya dari kucing-kucing lainnya.

3. Ketindihan pada saat tidur
Ketindihan' Saat Tidur? Ini Faktanya - Halaman all - TribunKaltim Wiki

Apakah kamu pernah mengalami fenomena ketindihan saat tidur? Fenomena ini disebut dengan sleep paralysis, sebuah kondisi di mana tubuh tidak bisa digerakkan, padahal mata sudah terbuka dan kondisi seakan sudah sadar.

Tidur REM adalah kondisi normal bagaimana seharusnya seseorang tidur. Nah, jika tidur REM terganggu, maka akan terjadi kesalahpahaman antara otak dengan otot. Otak yang memerintahkan tubuh untuk tidur, ternyata sinyal tersebut tidak dapat diterima dengan baik oleh tubuh kita.

Itu sebabnya, dalam kasus ketindihan, kita tidak dapat menggerakkan tubuh kita, padahal kita tengah tersadar. Faktanya, pada saat itu kita tidak benar-benar tersadar akibat kesalahpahaman yang terjadi antara otak dan otot kita. Biasanya faktor stres, kelelahan berlebih, banyak pikiran, dan beberapa obat medis menjadi penyebab sleep paralysis.

4. Adanya penampakan-penampakan aneh yang mengerikan
5 Penampakan Aneh Terekam Kamera Pemburu, Ada Gadis Misterius Bermain Sendirian di Hutan - Tribun Bali

Pada malam hari dan kondisi tengah mencekam, mungkin kamu akan melihat beberapa bayangan atau penampakan mengerikan yang akan membuat kamu menjerit ketakutan. Namun, sebaiknya kamu jangan terlalu takut dengan penglihatanmu itu. Selain kamu adalah orang yang beragama, ternyata ada penjelasan ilmiah mengenai penampakan hantu ini, lho.

Gambaran-gambaran tersebut ada karena budaya setempat. Kalau di Eropa dan Amerika, vampir dan manusia serigala menjadi bayangan seram yang sering muncul. Jadi, kalau kamu suatu saat melihat penampakan yang tak lazim, sebaiknya kamu berdoa dengan yakin dan berusahalah berpikir secara jernih dan logis. Gimana? Gak takut lagi, kan?

5. Mendadak merinding
Secara Ilmiah, Inilah Penjelasan Tentang 6 Keanehan Tubuh yang Sering Dirasakan, Termasuk Merinding!

Perasaan merinding atau berdirinya bulu-bulu halus yang ada di permukaan kulit secara mendadak juga konon katanya sedang berada dekat dengan hantu, benarkah? Hal ini dalam dunia medis–fenomena merinding–disebut sebagai piloereksi dan horipilasi.

Perasaan takut, cemas, dan siap siaga adalah sebuah respons atau naluri alamiah yang dapat dialami oleh semua organisme di dunia, termasuk manusia. Jadi, merinding yang berkorelasi dengan perasaan waspada atau takut merupakan bagian dari naluri alamiah manusia sejak nenek moyang kita di zaman manusia purba dulu.