Inilah Sejarah Asal Usul Munculnya Lima Hantu di Indonesia

Inilah Sejarah Asal Usul Munculnya Lima Hantu di Indonesia

Inilah Sejarah Asal Usul Munculnya Lima Hantu di Indonesia – Hantu atau dedemit (bahasa Inggris: ghost) secara umum merujuk kepada roh atau arwah yang meninggalkan badan karena koit. Definisi dari hantu pada umumnya berbeda untuk setiap agama, peradaban, maupun adat istiadat. Keberadaan hantu di tengah-tengah masyarakat memang selalu menjadi bahan perdebatan. Namun, kamu sebelumnya sudah tahu belum asal usul dari hantu Indonesia ini?

Dalam banyak kebudayaan, hantu tidak didefinisikan sebagai zat yang baik maupun jahat. Sebutan setan, iblis, genderuwo, dan sebagainya, lebih umum digunakan untuk merujuk kepada hantu yang jahat. Ya, Indonesia memang memiliki banyak banget hantu, Mulai dari pocong hingga kuntilanak. Bahkan, beberapa hantu sifatnya “endemik” dari Indonesia.

Hantu-hantu endemik ini lantas kerap menghiasi layar lebar, menjadi tokoh utama dalam film bergenre horor di Tanah Air. Penasaran gak sih sama sejarah munculnya hantu-hantu yang hits di kalangan masyarakat Nusantara? Yuk simak dari mana asalnya mereka.

1. Pocong gentayangan minta tolong dibukakan talinya

Inilah Asal Usul Pocong yang Sebenarnya | kumparan.com

Hantu pocong memang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia. Bahkan, hantu ini bisa dibilang hantu paling seram yang ditakuti orang.

Ada banyak versi soal dari mana hantu pocong ini muncul pertama kali. Namun, mayoritas masyarakat percaya, pocong gentayangan dari orang yang sudah meninggal, tapi lupa dibuka tali pocongnya saat hendak dikubur.

Versi lain menyebut, ada makhluk tak kasat mata serupa siluman atau jin yang menjelma menjadi sesosok pocong. Pocong disebut-sebut juga suka bertandang di pohon pisang.

Percaya atau tidak, legenda ini sudah menjadi buah bibir masyarakat sejak masa lampau.

2. Kuntilanak: Hantu perempuan yang merindukan seorang anak
Legenda Hantu di Indonesia | Metrum

Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebut kuntilanak sebagai hantu yang konon berkelamin perempuan, suka mengambil anak kecil atau mengganggu wanita yang baru saja melahirkan.

Benar saja, kuntilanak menurut beberapa sumber awalnya memang sosok perempuan yang hamil dan meninggal saat melahirkan.

Kuntilanak menjadi arwah gentayangan yang penasaran mencari-cari di mana anaknya. Menurut legenda, kunti—sebutan untuk kuntilanak—merindukan kehadiran seorang anak.

Hantu ini kerap diasosiasikan dengan pohon yang rindang, seperti beringin.

3. Genderuwo menyedot hal-hal baik
Sejarah Munculnya 10 Hantu di Indonesia Ini Bikin Kamu Bergidik Ngeri

Hantu Indonesia bernama Genderuwo ini punya istilah asli dari bahasa Kawi, yakni “gandharwa”. Mitos tentang hantu yang kerap dipahami masyarakat berjenis kelamin laki-laki ini asalnya ternyata dari legenda kuno Persia.

Si siluman air yang dinamakan gandharwa ini dipercaya selalu menyedot hal-hal baik, tinggal di kayangan, dan berwujud siluman air.

Dalam kepercayaan masyarakat Jawa, gandharwa kerap datang sore menjelang petang, punya tubuh yang tinggi besar, dan suka kepada perempuan.

4. Tuyul yang merepotkan dan suka mencuri uang

Mengapa Tuyul Tak Bisa Curi Uang di Bank? Ustadz Faizar Beberkan Alasannya  - Portal Jember

Si mungil tuyul memang hantu yang dianggap sangat merepotkan. Sebab, dia suka mencuri uang. Dalam mitologi Nusantara, tuyul ini menyerupai manusia dengan badan yang amat pendek.

Setan ini dipercaya berasal dari orang yang keguguran.

Menurut beberapa sumber, bayi orang lampau yang keguguran itu menjadi tuyul. Namun, lain halnya dengan kepercayaan samawi, mereka menyebut tuyul merupakan sebangsa jin yang sudah ada sejak masa lalu.

Tuyul, dalam kepercayaan orang Jawa, dipercaya dipelihara oleh manusia untuk melancarkan pesugihan.

5. Sundel bolong punggungnya penuh belatung
Legenda Hantu di Indonesia | Metrum

Banyak yang mengatakan sundel bolong ini mirip kuntilanak. Memang, sundel bolong menyerupai kuntilanak dengan penggambaran hantu perempuan, berpakaian putih dan berambut panjang.

Hanya saja, punggung sundel bolong ini disebut-sebut berlubang dan di dalamnya berisi penuh belatung. Organ dalam tubuhnya juga terlihat.

Rupanya, sundel bolong merupakan mitos hantu dari Negeri Jiran Malaysia yang dibawa masuk ke Indonesia oleh imigran. Cerita ini lantas berkembang hingga sekarang.