Inilah Mitos Kerasukan yang Dijelaskan Dari Pandangan Ilmiah

Inilah Mitos Kerasukan yang Dijelaskan Dari Pandangan Ilmiah

Inilah Mitos Kerasukan yang Dijelaskan Dari Pandangan Ilmiah – Kerasukan dalam arti modern yaitu “kondisi yang bingung, setengah sadar atau kehilangan akal atau keadaan ketakutan”, dalam bahasa Prancis Kuno transe  “takut akan setan”, dari bahasa Latin transīre “menyeberang”, “melewati “. Definisi ini sekarang sudah usang.

Kerasukan juga dapat diakses atau diinduksi oleh berbagai modalitas dan merupakan cara mengakses pikiran bawah sadar untuk tujuan relaksasi,  penyembuhan, intuisi, dan inspirasi. Ada sejarah trans yang terdokumentasi secara luas sebagaimana dibuktikan oleh studi kasus antropolog dan etnolog dan yang terkait oleh disiplin turunan. Oleh karena itu trans dapat dianggap sebagai penyakit endemis terhadap kondisi manusia dan semua Manusia.

Indonesia memang memiliki banyak kebudayaan. Masing-masing budaya pasti memiliki kepercayaan Daftar Live22 tersendiri. Termasuk terhadap hal-hal yang berbau mistis dan sulit dicerna oleh logika. Ilmuwan menyebut hal itu sebagai Pseudoscience, berarti pada intinya hal-hal yang masih tabu atau sulit dicerna secara ilmiah, dan perlu dibuktikan. Akan tetapi, masyarakat kita masih mempercayai hal-hal spiritualisme dan mitos-mitos.

1. Kesurupan
3 Penjelasan Ilmiah Kenapa Bisa Kerasukan, Ketindihan & Ada Indra Enam

Banyak orang yang masih mempercayai bahwa kesurupan berarti seseorang dirasuki oleh hantu. Namun, penelitian menjelaskan bahwa kesurupan termasuk dalam golongan DID atau kepribadian ganda.

Seseorang dianggap memiliki banyak kepribadian dalam dirinya yang berusaha menguasai tubuh terkait. Dikutip dari  Psikologiabnormal.wikispaces.com,  penelitian lain menjelaskan bahwa kesurupan disebabkan oleh stres, kelelahan dan sebagainya.

Dalam sebuah penelitian, dikatakan bahwa sebelum mengalami kesurupan, korban terkadang merasa mendengar sesuatu, mencium bau aroma tak sedap atau wangi dan sebagainya. Dalam bidang keilmuan, hal tersebut dinamakan halusinasi atau delusi.

Padahal hal tersebut sebenarnya tak nyata atau tidak pernah ada. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa membeli buku karya Siswanto SPsi MSi berjudul “Psikologi Kesehatan Mental: Awas Kesurupan”.

2. Ketindihan
3 Penjelasan Ilmiah Kenapa Bisa Kerasukan, Ketindihan & Ada Indra Enam

Pernah merasakan tubuh berat, seperti ada yang menindih? Sulit sekali dalam menggerakkan kaki, tangan atau anggota tubuh lainnya? Nah, dalam bidang keilmuan hal tersebut dinamakan sleep paralysis.

Hal tersebut terjadi karena melemahnya otot saat kita tertidur. Akan tetapi, saat proses ketindihan itu terjadi, otot mulai tidak aktif dari masa tidur ke masa sadar. Itulah mengapa kita dapat membuka mata, akan tetapi sulit sekali menggerakkan anggota tubuh.

Kurang tidur atau pola tidur tidak teratur, gaya hidup yang kurang sehat dan sebagainya disinyalir menjadi faktor penyebab mengapa seseorang dapat mengalami ketindihan.

3. Indra keenam
3 Penjelasan Ilmiah Kenapa Bisa Kerasukan, Ketindihan & Ada Indra Enam

Seperti dilansir dari Thethirdwave.co, dan Medicalnewstoday.com, dalam bidang keilmuan, indra keenam terjadi karena aktifnya DMT pada kelenjar pineal di otak.

DMT merupakan senyawa yang diproduksi otak seseorang yang sudah meninggal atau hampir meninggal dunia. Ada sumber lain menyatakan bahwa DMT berasal dari tanaman yang berada di Amazon. Fungsi dari DMT ini adalah sebagai halusinogen.

Sehingga apabila memakai jenis obat-obat yang mengandung DMT, seseorang akan mengalami halusinasi. Ilmu pengetahuan memang akan terus berkembang seiring dengan berkembangnya peradaban manusia.

Sebagai makhluk ciptaanNya yang paling sempurna, sudah sepatutnya kita tetap terus membuka diri terhadap berkembangnya ilmu pengetahuan.