Inilah Makhluk Urban dari Macam Negara yang Buat Merinding

Inilah Makhluk Urban dari Macam Negara yang Buat Merinding

Inilah Makhluk Urban dari Macam Negara yang Buat Merinding – Ada yang tahu urban legend?  Bahasa indonesianya adalah legenda urban. Nah, legenda urban ini biasanya tentang cerita-cerita rakyat yang tersebar di suatu daerah tertentu, entah itu mengenai makhluk, bangunan, atau suatu tempat. Membahas makhluk urban menyeramkan memang tidak ada habisnya. Apalagi, setiap negara memiliki makhluk dan legendanya tersendiri.

Biasanya cerita-cerita yang termasuk legenda urban adalah cerita yang berkaitan dengan sesuatu yang horror, misteri, dan hal-hal yang menyeramkan lainnya. Dari berbagai tokoh yang terkenal, ada juga makhluk menyeramkan lainnya yang masih tidak banyak diketahui orang.

Kalau kamu tertarik dengan sosok dan kisah yang mengerikan tersebut, berikut ada sembilan makhluk urban dari berbagai negara. Siap-siap dibuat merinding, ya!

1. Futakuchi-Onna, Jepang
Seram, 9 Makhluk Urban Horor di Dunia yang Masih Jarang Diketahui

Nama Futakuchi-Onna secara harfiah memiliki arti wanita bermulut dua. Makhluk asal Jepang ini sering kali digambarkan sebagai seorang wanita cantik yang memiliki mulut kedua di belakang kepalanya yang sangat rakus akan makanan.

Sebelum meninggal, ia mengutuk ibu tirinya tersebut. Selang 49 hari setelah kematiannya, sang ibu mulai menderita sakit kepala yang amat parah. Bagian belakang kepalanya kemudian terbelah dan muncul bibir, gigi, serta lidah yang mengerikan.

2. La Llorona, Meksiko
Seram, 9 Makhluk Urban Horor di Dunia yang Masih Jarang Diketahui

La Llorona merupakan hantu wanita paling terkenal di Meksiko. Hantu ini dikenal sebagai arwah dari seorang wanita yang telah membunuh anak-anaknya sendiri. Ia adalah Maria yang tinggal di sebuah desa pada awal abad ke-18.

Maria pun semakin frustasi dan menyesal telah membunuh anaknya sendiri. Hingga akhirnya, ia memutuskan untuk bunuh diri dan arwahnya dikisahkan menghantui sungai tersebut sebagai La Llorona.

3. Domovoy, Rusia
Seram, 9 Makhluk Urban Horor di Dunia yang Masih Jarang Diketahui

Domovoy atau Domovy adalah roh rumah tangga yang ditemukan dalam cerita rakyat Rusia. Domovoy berarti ‘kakek’ atau ‘tuan’. Makhluk ini diyakini berasal dari kultus pra-Kristen dan roh tersebut mewakili mantan kepala keluarga (yaitu kakek dan kakek buyut). Biasanya ia berada di bawah kompor, ambang pintu, atau di loteng.

Selama 30 tahun, dia tidak pernah menyisir rambutnya. Sampai tiba waktu malam pernikahannya, sang wanita memutuskan untuk mencucinya. Namun, secara mengejutkan wanita tersebut ditemukan tewas dicekik secara brutal oleh kepangnya sendiri. Wah, ngeri banget!

4. Abura-Akago, Jepang
Seram, 9 Makhluk Urban Horor di Dunia yang Masih Jarang Diketahui

Akago adalah roh dari cerita rakyat Jepang yang menghantui provinsi Omi yang sekarang dikenal sebagai Prefektur Shiga. Makhluk ini awalnya dikisahkan adalah seorang pedagang minyak yang mencuri minyak dari lampu minyak andon yang dipasang di patung suci Ksitigarbha yang terletak di persimpangan jalan. Setelah kematiannya, para dewa memutuskan untuk menghukumnya dan mengubahnya menjadi hantu api.

Abura-akago ini berubah menjadi roh bayi yang memakan minyak lampu. Makhluk ini dipercaya muncul sebagai bola api yang melayang ke sebuah rumah dan mengambil bentuk bayi. Mereka dengan cepat menjilati minyak dari lampu andon dan kemudian terbang lagi.

5. Bakhtak, Iran
Seram, 9 Makhluk Urban Horor di Dunia yang Masih Jarang Diketahui

Di Iran, jika kamu mengalami mimpi buruk yang menyiksa, terbangun dengan rasa berat di dada, atau bahkan tidak dapat bergerak ataupun bernapas, ketahuilah bahwa itu adalah pekerjaan seorang Bakhtak. Nama Bakhtak berasal dari bahasa Persia yang artinya mimpi buruk.

Makhluk ini digambarkan sebagai goblin kecil dan gemuk yang senang duduk di atas dada seseorang dan memiliki tujuan untuk mencekik orang tersebut hingga mati. Bakhtak sekilas mirip dengan Old Hag dalam cerita rakyat Inggris dan Mara dalam cerita rakyat Skandinavia yang merupakan makhluk yang diduga menyebabkan kelumpuhan tidur.

6. Fetch, Irlandia
Seram, 9 Makhluk Urban Horor di Dunia yang Masih Jarang Diketahui

Fetch adalah roh doppelganger yang berasal dari Irlandia. Mereka diyakini mengambil penampilan seseorang yang akan mati. Beberapa orang juga percaya bahwa Fetch sebenarnya lahir ketika kita lahir lalu hidup bersama kita dan selalu berusaha untuk menggantikan kita.

Makhluk ini diyakini hanya dapat dilihat oleh orang yang ditirunya atau sebaliknya, hanya dapat dilihat oleh semua orang kecuali mereka yang ditirunya. Mengalami penampakan makhluk ini biasanya dianggap sebagai pertanda buruk bahwa kematian akan datang. Namun, ada juga mitos yang mengatakan bahwa jika kamu melihatnya di pagi hari, itu adalah tanda bahwa kamu bakal berumur panjang.

7. Gjenganger, Skandinavia
Seram, 9 Makhluk Urban Horor di Dunia yang Masih Jarang Diketahui

Gjenganger merupakan makhluk menyeramkan yang berasal dari cerita rakyat Skandinavia. Tak seperti makhluk horor lain, mereka digambarkan memiliki rupa seperti manusia dan bukan roh. Namun, Gjenganger sebenarnya adalah roh balas dendam yang kematiannya disebabkan oleh pembunuhan ataupun bunuh diri.

Gjenganger akan berusaha membalaskan dendamnya pada orang-orang yang berada di balik kematiannya. Bukan hanya saja menakut-nakuti orang, makhluk ini juga dipercaya membawa wabah penyakit dan mengacaukan kehidupan manusia.

8. Kinoly, Madagaskar
Seram, 9 Makhluk Urban Horor di Dunia yang Masih Jarang Diketahui

Di Madagaskar, ada sebuah keyakinan bahwa jika kamu tidak memperlakukan nenek moyang dengan baik sebelum meninggal, maka mereka akan berubah menjadi hantu mengerikan yang dikenal sebagai Kinoly. Makhluk ini terlihat seperti orang sungguhan dengan beberapa ciri-ciri yang tidak masuk akal, seperti mata merah dan kuku tajam yang panjang seperti belati.

Orang itu pun kemudian bertanya lagi, “Bagaimana kukumu bisa begitu panjang?”. Hantu itu pun menjawab, “Agar aku bisa menyobek hatimu,” dan sesudah itu mereka benar-benar melakukannya.

9. Bal Bal, Filipina
Seram, 9 Makhluk Urban Horor di Dunia yang Masih Jarang Diketahui

Bal Bal adalah makhluk pemakan mayat yang terkenal di Filipina. Mereka diketahui suka diam-diam masuk ke kuburan untuk mencuri mayat dan memakannya. Makhluk ini tidak hanya saja menjijikkan, tetapi juga sangat licik karena setelah memakan mayat, ia akan memasukkan batang pisang ke dalam peti mati agar tetap terasa berat.

Bal Bal digambarkan memiliki hidung yang lebih tajam daripada anjing yang dapat mencium mayat dari jarak yang sangat jauh dan memiliki napas yang sangat busuk. Suku Tigbabau Filipina percaya bahwa Bal Bal bisa menyerupai manusia. Mereka bisa terbang dan menunggu di rumah seseorang yang telah meninggal, merobek atap jerami dengan paku, dan menggunakan lidah mereka untuk mengangkat atau menjilat mayat.