Inilah Lima Tips Mudah Melihat Hantu Berdasarkan Sains

Inilah Lima Tips Mudah Melihat Hantu Berdasarkan Sains

Inilah Lima Tips Mudah Melihat Hantu Berdasarkan Sains – Hantu atau dedemit secara umum merujuk kepada roh tau arwah yang meninggalkan badan karena koit. Definisi dari hantu pada umumnya berbeda untuk setiap agama, peradaban, maupun adat istiadat. Bagi kalian yang sering menonton film horor tentunya kalian penasaran bukan dengan sosok asli hantu, berikut ada cara melihat hantu menurut sains.

Dalam banyak kebudayaan, hantu tidak didefinisikan sebagai zat yang baik maupun jahat. Sebutan setan, iblis, genderuwo, dan sebagainya, lebih umum digunakan untuk merujuk kepada hantu yang jahat. Memang, kisah-kisah misteri mengenai penampakan sosok tersebut sering diceritakan–bahkan dari generasi ke generasi–oleh banyak orang di dunia.

Mulai dari kebudayaan barat ala Eropa dan Amerika sampai kebudayaan Timur di Asia, semuanya menganggap bahwa hantu merupakan sosok misterius yang masih dipercaya. Namun, terlepas dari itu semua, bagaimana tanggapan sains akan hal ini? Lebih spesifik lagi, bagaimana cara melihat “hantu” tersebut jika menggunakan metode ilmiah? Nah, melalui artikel ini, kamu mungkin bisa melakukannya sendiri. Berani coba?

1. Berdiam diri di tempat yang terpapar gelombang elektromagnetik kuat, biasanya di tempat sepi, gelap, dan dingin

Kalau kamu orang yang tidak memiliki nyali untuk melakukan hal ini, mungkin sebaiknya tidak kamu lakukan hal gila ini. Pasalnya, menurut sains, cara melihat hantu dengan pergi ke tempat yang memiliki medan elektromagnetik kuat dapat menyebabkan seseorang mengalami halusinasi. Nah, halusinasi tersebut akan sangat tampak nyata karena kondisi otak yang terpapar gelombang elektromagnetik menjadi kacau.

Studi mengenai medan elektromagnetik ini pernah dilakukan Michael Persinger, seorang ahli saraf asal Kanada yang tentu saja skeptis mengenai hantu. Dilansir Mental Floss, studinya membuktikan bahwa medan elektromagnetik bisa mengakibatkan perubahan kinerja pada lobus temporal otak. Hal ini juga akan menimbulkan halusinasi dan kesan akan kehadiran sosok lain.

2. Paksa diri untuk bangun pada saat sedang mengantuk dan lelah
cara-melihat-hantu-menurut-sains

Lagi-lagi, kamu tidak perlu melakukan hal konyol ini. Namun, jika memang penasaran, kamu bisa memaksa bangun tidur di jam-jam pada saat kamu tertidur pulas dan mungkin merasa sangat lelah sebagai cara melihat hantu menurut sains. Kamu bisa menyiapkan alarm di HP atau jam beker, mungkin pukul 1 sampai 3 dini hari adalah waktu yang pas. Nah, setelah terbangun, segera duduk dan lihatlah sekeliling ruangan kamarmu.

Nah, halusinasi pada saat seseorang sedang terjaga dinamakan hipnagogik atau hypnagogic. Fenomena ini terjadi di saat seseorang sedang terjaga, bahkan setelah bangun dari tidurnya. Parahnya lagi, sebagian besar dari halusinasi ini sangat melibatkan visual, seperti penampakan hantu, benda bergerak, dan mungkin merasa berpindah tempat.

3. Tonton film horor dan bayangkan sosok hantu yang paling kamu takuti, lalu bawa bayangan itu di sebuah tempat sepi saat kamu sendirian
cara-melihat-hantu-menurut-sains

Menurut sains, hantu dan kisah-kisah misteri yang diceritakan secara turun-temurun merupakan produk dan hasil dari budaya yang telah lama berakar dalam kelompok sosial manusia. Itu sebabnya, hantu di Asia bisa sangat berbeda dengan hantu yang ada di dunia barat, seperti Eropa atau Amerika.

Dari semuanya itu, peranan budaya dan psikologis pada manusia sangat berpengaruh untuk memunculkan “hantu” tersebut menjadi sebuah kenyataan sosial. Untuk lebih mudahnya, kamu bisa mencoba membayangkan sosok hantu yang paling kamu takuti, lalu bawa bayangan itu ke sebuah tempat yang sepi dan dianggap angker. Kemungkinan, kamu bisa melihat penampakan dari apa yang kamu bayangkan tersebut.

4. Gunakan alat-alat perekam digital
cara-melihat-hantu-menurut-sains

Tentu saja sains tidak pernah menyatakan bahwa hantu bisa dilihat dari alat elektronik. Faktanya, sebanyak 99 persen gambar dan video penampakan hantu adalah hoaks alias palsu. Bagaimana dengan sisanya? Mungkin bisa dibilang bahwa dalam sedikit kasus, penampakan di foto dan video memang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah.

Nah, pada saat di kamar, siapa tahu kamu bisa mendapatkan gambar atau video yang masuk dalam kategori 1 persen alias gambar yang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah. Kalau sudah seperti itu, keputusan ada di tangan kamu. Mungkin bisa kamu anggap sebagai sebuah keberuntungan atau justru bisa kamu anggap sebagai pengalaman mengerikan.

5. Berada dalam zona dengan suara infrasonik atau getaran suara berfrekuensi rendah
cara-melihat-hantu-menurut-sains

Tentu saja sains tidak pernah menyatakan bahwa hantu bisa dilihat dari alat elektronik. Faktanya, sebanyak 99 persen gambar dan video penampakan hantu adalah hoaks alias palsu. Bagaimana dengan sisanya? Mungkin bisa dibilang bahwa dalam sedikit kasus, penampakan di foto dan video memang tidak bisa dijelaskan secara ilmiah.

Dalam banyak kasus, biasanya bayangan aneh akan muncul berupa siluet yang menyerupai bayangan dan cahaya yang sedang terbang. Jangan parno dulu! Pasalnya, menurut pakar digital, siluet-siluet tersebut dihasilkan murni akibat kesalahan pada pengambilan gambar. Beberapa di antaranya bisa terjadi akibat kurangnya cahaya pada saat gambar atau video diambil.