Inilah Kisah Mistis Makam Medelek Sebagai Kuburan Terangker

Inilah Kisah Mistis Makam Medelek Sebagai Kuburan Terangker

Inilah Kisah Mistis Makam Medelek Sebagai Kuburan Terangker – Di dalam area Makam Medelek, terdapat puing-puing batu bata kuno yang disinyalir sebagai peninggalan Kerajaan Medang Kamulan. Puing-puing itu dipercaya sebagai sisa bangunan kuno yang bentuknya sudah tak bisa diperkirakan lagi. Oleh penduduk, dan juru kunci makam, pecahan batu bata kuno itu disusun melingkar mirip sumur. Batu bata kuno berwarna merah tampak sudah banyak yang pecah menjadi beberapa bagian.

Terlihat ukurannya yang lebih besar dari batu-bata produksi zaman modern. Tampak beberapa ada yang memiliki ukiran seperti batu-bata khas peninggalan kerajaan Medang yang berhiaskan pahatan setengah lingkaran. Warga setempat percaya bahwa di bawah susunan bata yang membentuk seperti sumur ini terdapat makam Ki Ageng Medelek, yang merupakan sesepuh desa yang dulunya membabat alas sekitar.

Situs kuno ini, dikunjungi oleh para pencari wangsit. Tampak di sekitar ‘sumur’ banyak sisa sesajen maupun bunga-bunga makam untuk ritual. Lokasi pemakaman di Indonesia memiliki sisi mistis tersendiri, begitu juga dengan Login IDNPlay Makam Medelek di Kecamatan Tembelang Jombang, Jawa Timur. Makam Medelek diyakini menjadi makam terangker di Indonesia.

Bahkan, pembangunan jalan tol saja harus mengalah untuk tidak melintasi daerah Makam Medelek ini. Banyak cerita mistis yang juga beredar dalam masyarakat tentang pengalaman mistisnya di sekitar Makam Medelek, Jombang. Sebab, tempat yang dahulunya sakral ini, kini dijadikan tempat untuk pesugihan bagi masyarakat yang menginginkan sesuatu. Sejarah Makam Medelek juga diyakini menjadi latar belakang kisah mistis yang dipercaya oleh masyarakat setempat.

1. Sejarah Makam Medelek yang dahulunya adalah sebuah tempat sakral

Dahulu kala, sekitar tahun 900, Makam Medelek ini merupakan bangunan sakral dan megah yang harus dilewati untuk menuju ke sebuah Kerajaan Medang Kamulan.  Bangunan megah ini dihiasi dengan batu-batuan berwarna oranye, merah, dan kuning yang mendukung sisi kramatnya.

Bangunan ini sudah ada tepat setelah kejayaan Kerajaan Mataram. Konon dahulu kala, banyak masyarakat sekitar yang sering mengadu kekuatan ilmu ghaib yang dimilikinya di tempat ini, bekerja sama dengan kerajaan gaib yang ada di Makam Medelek.

Dinamakan Medelek karena dahulu terdapat sosok yang dihormati oleh kerajaan bernama Ki Ageng Medelek. Setelah sosok ini tiada, ia dikuburkan di Makam Medelek. Sebab itu, makam ini dinamakan Makam Medelek oleh masyarakat sekitar.

Makam Medelek ini sejak dahulu sudah dijadikan tempat sakral yang merupakan bagian dari wilayah kerajaan saat itu. Banyak juga masyarakat yang sering melakukan semadi dan pesugihan untuk menenangkan diri, hingga mendapatkan ilmu di tempat sakral ini.

2. Dua Pusaka kramat yang menjadi kunci dari kesucian Makam Medelek

Makam Medeleg Jombang Jadi Tempat Ritual, Apa Kata Warga Setempat?

Berdasarkan sejarah, makam ini memiliki dua buah pusaka yang membuat tempat ini memiliki kekuatan magis. Pusaka ini dapat memiliki kekuatan yang berbeda dan bisa memiliki kekuatan yang sama, selama diperlakukan dengan sama.

Namun, bila diperlakukan berbeda, maka efek yang ditimbulkan juga akan berbeda. Semakin kuat kekuatan pusaka tersebut, hingga bisa untuk menyelamatkan nyawa orang yang telah mati.

Pusaka ini memiliki energi yang sangat kuat untuk mempengaruhi lingkungan di sekitar. Energi positif atau negatif dari pusaka ini, bergantung pada perlakuan masyarakat terhadap pusaka dan tempat ini.

Sayang, kala itu Ki Ageng Medelek salah langkah ketika berniat menangkap pusaka ini. Ia mengorbankan banyak orang sakti sebagai jalan untuk menangkap pusaka ini.

Padahal melalui kekuatan orang-orang sakti ini, dua pusaka tersebut bisa semakin kuat kekuatannya dan mengeluarkan energi positif untuk tempat ini.

Lambat laun, orang-orang sakti di kerajaan ini pun mati dan menyisakan Ki Ageng Medelek seorang. Sehingga menyebabkan pusaka ini mengeluarkan energi pelindung yang negatif untuk tempat ini.

3. Sumur Makam Medelek menjadi pintu sakral untuk menuju ke kerajaan
jombang city guide: Candi Medeleg : Situs Punden Medelek dan Kisah-Kisah  Mistis Yang Menyertainya

Pada tahun 900-an, Makam Medelek merupakan makam hijau yang luas, indah, dan disucikan oleh masyarakat sekitar. Masyarakat pun harus membuka sandal dan menyucikan diri sebelumnya, bila ingin masuk ke dalam Makam Medelek saat itu.

Jika ditelusuri semakin ke dalam, terdapat sebuah sumur di Makam Medelek yang dahulunya digunakan sebagai tempat untuk membersihkan diri sebelum menuju ke Candi dan ke wilayah Kerajaan yang berada di dalam.

Sumur ini diketahui sebagai pintu utama untuk dapat masuk ke dalam Candi dan Kerajaan. Namun, tidak semua orang diperbolehkan untuk bisa masuk ke Candi dan wilayah kerajaan yang disucikan ini.

Punden Medelek ini kabarnya tak boleh dikunjungi orang luar. Biasanya bila ada orang luar yang berkunjung, pasti warga setempat curiga, karena khawatir melakukan sesuatu yang dilarang. Miko Ajah, seorang petualang sejarah pernah mampir ke situs ini dan melakukan pemotretan situs di tengah tatapan mata warga yang penuh kecurigaan. Bersyukur, tak terjadi apapun dalam kunjungannya.