Inilah Festival Kematian Tahunan yang Ada di Meksiko

Inilah Festival Kematian Tahunan yang Ada di Meksiko

Inilah Festival Kematian Tahunan yang Ada di Meksiko – Bagaimana cara Anda mengenang kerabat yang sudah tiada? Di Meksiko, orang-orang membuat festival untuk itu. Namanya: Dia de Los Muertos atau “Hari Kematian”. Festival Dia de Los Muertos dirayakan sebagai libur nasional di Meksiko setiap tanggal 1 dan 2 November.

Festivals | Cultural, Dia De Los Muertos, October, Mexico | Royist

Bertepatan dengan perayaan Hari Raya Semua Orang Kudus (All Saints Day) dan Hari Arwah (All Souls Day) bagi umat Katolik. Tanggal 1 November perayaannya dinamakan Dia de Los Angelitos dan didedikasikan untuk mengenang arwah anak-anak. Sementara pada 2 November disebut Dia de Los Difuntos untuk arwah orang dewasa

Pada acara festival ini berlangsung, masyarakat Meksiko biasanya akan menghias rumah mereka masing dan memasak berbagai macam makanan khas untuk Daftar Live22 hari tersebut. Makanan – makanan ini biasanya akan dimakan oleh masyarakat Meksiko sendiri dan juga dipersembahkan di pemakaman.

1. Roti pan de muertos

Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksiko

Pan de muertos adalah roti yang selalu disiapkan untuk dihidangkan dan disantap saat festival Hari Kematian. Roti ini merupakan satu bagian penting dari festival dan harus ada selama festival berlangsung.

Hal ini karena roti ini seperti lambang dari kerabat yang sudah meninggal. Roti ini biasanya berbentuk bulat yang terbuat dari manisan jeruk. Pada bagian atas roti dibentuk menyerupai tulang dan diberi taburan gula atau biji wijen.

Meskipun roti ini umumnya menjadi makanan untuk hari kematian, tetapi roti ini juga sudah dijual di toko roti pada hari biasa karena banyak disukai oleh orang Meksiko sendiri ataupun turis.

2. Tamales
Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksiko

Tamales berasal dari kata “tamalli” dari suku Aztec yang berarti “dibungkus”. Tamales merupakan tradisional Meksiko yang terbuat dari adonan tepung jagung dan beberapa jenis isian yang dibungkus dengan kulit jagung atau daun pisang, dan kemudian dikukus. Tamales merupakan hidangan yang disantap saat melewati malam pada saat perayaan Hari Kematian. Makanan ini biasanya dimakan beramai – ramai, dan dimasak dengan jumlah yang banyak sekaligus di dalam pemanggangan bawah tanah.

3. Calaveras
Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksiko

Makanan khas untuk festival Hari Kematian selanjutnya adalah calaveras atau sugar skulls. Calaveras memiliki arti tengkorak gula. Makanan ini berbentuk menyerupai tengkorak kepala manusia.

Makanan ini merupakan simbol hidup dan mati, yang biasanya diletakkan di atas altar. Calaveras terbuat dari pasta gula yang diukir menjadi bentuk menyerupai tengkorak, dan diberi warna – warna yang cukup terang.

Setiap warna yang digunakan pada makanan ini memiliki arti masing – masing. Warna merah memiliki arti darah, ungu berarti nyeri, kuning berarti alam, dan warna oranye untuk melambangkan matahari.

4. Calabaza en tacha
Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksiko

Calabaza en tacha atau manisan labu khas Meksiko, yang merupakan makanan pencuci mulut pada saat perayaan Hari Kematian. Makanan ini terbuat dari labu yang sudah tua, dan dimasak hingga lembut dengan menambahkan gula merah dan kayu manis.

Makanan ini juga biasanya disajikan dengan tambahan es krim atau krim yang nikmat. Makanan ini juga selalu diletakkan di atas altar pada saat festival Hari Kematian berlangsung.

5. Salad fiambre
Unik, Ini 5 Makanan Khas untuk Festival Hari Kematian di Meksiko

Salah satu tradisi kegiatan keluarga selama perayaan Hari Kematian adalah membuat salad fiambre. Salad ini dibuat dalam jumlah yang banyak, yang berisi berbagai macam keju, potongan daging dingin, dan acar sayuran. Semua bahan untuk membuat salad ini dibagikan pada keluarga yang berkumpul untuk mengunjungi pemakaman kerabat yang sudah meninggal. Saat di pemakaman semua bahan untuk membuat salad akan dicampur menjadi satu.

Selama perayaan Dia de Los Muertos berlangsung, tiap keluarga akan menghias rumah mereka dengan membuat altar (ofrendas) yang terdiri dari foto, Aztec Marigold (bunga kematian Mexcio), calacas dan calaveras (kerangka dan tengkorak), gula-gula berbentuk tengkorak, papel picado (semacam ornamen khas Meksiko), lalu makanan, minuman, dan barang-barang kesukaan almarhum semasa hidup.

Ketika mengunjungi makam, mereka akan membawa persembahan untuk kerabat yang telah meninggal, seperti bunga, lilin, juga beberapa jenis makanan dan minuman. Antara lain pan de muerto (roti kematian) yaitu roti telur manis, permen labu, atole (bubur dari tepung jagung yang biasa disajikan saat musim dingin), kacang vanila, kayu manis, piloncillo (gula khas Kolombia), kudapan dari beberapa buah tertentu, serta pulque, minuman fermentasi yang terbuat dari getah agave.

Para sanak famili tersebut nantinya juga akan membersihkan makam lalu menghiasinya dengan berbagai ornamen, Aztec marigold, beberapa perhiasan dan barang milik almarhum, mainan (khusus di makam anak-anak), bahkan juga botol-botol minuman beralkohol untuk makam orang dewasa.