Inilah Fakta Kambing yang Dianggap Monster Bernama Damaskus

Inilah Fakta Kambing yang Dianggap Monster Bernama Damaskus

Inilah Fakta Kambing yang Dianggap Monster Bernama Damaskus – Monster  adalah makhluk yang bentuk atau rupanya sangat menyimpang dari yang biasa atau bisa juga makhluk yang berukuran raksasa. Dalam kebanyakan cerita, monster digambarkan sebagai makhluk yang jahat. Seiringnya dengan perkembangan zaman adapula yang menceritakannya sebagai makhluk yang bodoh (Frankenstein).

Monster yang baik seperti Hulk dan The Thing, maupun monster imut dan lucu seperti karakter dalam film animasi yang berjudul Monsters, Inc., Pokemon, dan Digimon. Kambing Damaskus (Capra aegagrus hircus)  atau disebut juga Aleppo dan Shami merupakan hewan yang sangat menarik. Meskipun sempat viral karena penampilannya, tidak banyak informasi yang tersedia di internet soal hewan ini apabila dibandingkan dengan hewan lainnya.

Julukan ‘jelek’ dan ‘monster’ yang diterima kambing ternak ini tentunya membuat penasaran. Sebenarnya, apa sih Kambing Damaskus?  Berikut adalah fakta-fakta terkait hewan tersebut, dilansir Newsweek, Bored Panda, IFLScience, dan sumber lainnya.

1. Bukan ‘monster’, melainkan jenis kambing
5 Fakta Kambing Damaskus, Sering Disebut 'Monster'

Untuk meluruskan kebingungan, perlu diketahui bahwa kambing ini merupakan jenis hewan asli. Bahkan, eksistensi kambing ini sudah melalui proses cek fakta oleh situs Hoax or Fact

Pengecek fakta memastikan bahwa klaim ‘Kambing Damaskus merupakan mutan atau kambing dengan cacat fisik’ sebagai informasi yang salah. Dengan demikian, klaim masuk dalam kategori ‘sebagian hoax‘.

Maksudnya, kambing tersebut memang ada, tetapi kambing tersebut bukan mutan sebagaimana yang dipikirkan warganet. Penampilan mencolok ini sengaja dipertahankan oleh para peternak.

2. Berasal dari negara Timur Tengah
5 Fakta Kambing Damaskus, Sering Disebut 'Monster'

Kambing Damaskus berasal dari negara Timur Tengah seperti Suriah. Kemudian, orang Inggris mengimpornya ke Siprus. Di negara tersebut, kualitas kambing ditingkatkan melalui proses perkembangbiakan.

Mengutip Goat Farming, kambing ini juga ada di Turki, Lebanon, Yordania, Israel, dan Palestina. Ras campuran dari Kambing Damaskus pun tersebar di India.

3. Ciri-ciri fisik
5 Fakta Kambing Damaskus, Sering Disebut 'Monster'

Kambing viral ini memiliki tubuh yang besar dengan kepala yang kecil. Newsweek sendiri memanggil hewan ini sebagai ‘bulldog versi kambing’.

IFLScience dan Newsweek menduga bahwa fisik Kambing Damaskus yang aneh merupakan hasil dari pembiakan hewan yang ekstrem. Artinya, kambing dengan ciri fisik yang menonjol dikembangbiakkan dengan kambing betina tanpa karakteristik yang mencolok. Tujuannya? Menghasilkan anak-anak yang berpenampilan unik.

Tidak salah, hasilnya memang unik. Tubuh Kambing Damaskus lebih besar dan mereka pun juga lebih tinggi daripada kambing pada umumnya. Hewan ini punya leher, telinga, dan kaki yang panjang. Namun, keunikan ini baru muncul saat kambing tersebut bertumbuh.

Saat kecil, mereka terlihat seperti anak kambing pada umumnya. Seiring bertumbuhnya hewan tersebut, mereka mulai menunjukkan karakteristik yang dimiliki Kambing Damaskus dewasa.

4. Punya banyak kelebihan
5 Fakta Kambing Damaskus, Sering Disebut 'Monster'

Meskipun sering disebut ‘monster’, kambing ini memiliki banyak kelebihan yang membuatnya berharga bagi manusia. Kambing Damaskus dikenal sebagai hewan dengan produksi susu yang baik, daging yang lezat, dan kemampuannya untuk melahirkan sekitar 3 sampai 4 anak per kandungan. Selain itu, kambing asal negara Timur Tengah ini juga dimanfaatkan untuk kulitnya. Berarti, hewan ini dapat disebut serbaguna.

Produksi susu dikatakan baik karena kemampuan kambing betina untuk menghasilkan sampai 5 kg susu per hari. Oleh karena itu, anak-anak Kambing Damaskus tumbuh sehat dan kuat.

Dilansir Agri Farming, susu yang kaya protein dan lemak ini digunakan manusia untuk membuat keju, yogurt, dan susu fermentasi.

5. Seharga mobil mahal!
5 Fakta Kambing Damaskus, Sering Disebut 'Monster'

Hewan yang dipandang jelek oleh para warganet ternyata dianggap indah dan unik oleh para peternak di Timur Tengah. Buktinya, dalam festival Mazayen al-Maaz di Arab Saudi, Kambing Damaskus dinilai kecantikannya dan dilelang. Semakin ekstrem penampilan mereka, semakin ‘indah’ pula kambing tersebut.

Pecinta dan spesialis kambing di kawasan Teluk Arab ternyata berani membayar sebanyak 250 ribu riyal Arab Saudi (Rp960 juta). Tentunya, hal ini berlaku untuk Kambing Damaskus yang paling unik. Berarti, kambing yang diutamakan adalah mereka yang punya penampilan yang mencolok, bukan Kambing Damaskus biasa. Popularitas ini mendorong para peternak Kambing Damaskus untuk melebih-lebihkan ciri-ciri fisik supaya kambing tersebut terlihat ‘indah’.

Pada zaman dahulu, monster pernah menjadi sebuah konsep sosial yang penting. Monster dipercaya tinggal di pulau-pulau yang liar dan belum terjamah. Monster juga identik dengan makhluk-makhluk berbentuk aneh dan baru dikenal pada zaman dahulu.

Hubungan antara monster dengan keterbatasan pengetahuan manusia menjadi sebuah konsep penting pada zaman Renaissance dan abad pencerahan, sebagaimana masyarakat Eropa mulai menggunakan ilmu pengetahuan dan disiplin akademis yang lain untuk mencoba mengerti hal tersebut. Monster dilihat sebagai misteri dalam ilmu pengetahuan; sesuatu yang perlu dimengerti dan dipecahkan.