Deretan Tokoh Sejarah Dunia yang Makamnya Hilang Begitu Saja

Deretan Tokoh Sejarah Dunia yang Makamnya Hilang Begitu Saja

Deretan Tokoh Sejarah Dunia yang Makamnya Hilang Begitu Saja – Pernahkah kamu membayangkan bagaimana dunia ini telah melalui proses peradaban dan evolusi manusia yang memakan waktu sangat lama? Mulai dari zaman purba hingga ke zaman ketika para tokoh dunia melakukan penemuan dan perubahan positif bagi kehidupan manusia.

Gajah mati meninggalkan gading, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama. Normalnya ketika seseorang tokoh terkenal meninggal, mereka akan dikenang dalam waktu yang lama. Tempat peristirahatan terakhir mereka akan dibuat seindah mungkin, bahkan tidak jarang makamnya dipenuhi oleh banyak peziarah yang berduka atas kepergiannya.

Nyatanya tidak semua tokoh bersejarah dunia mengalami nasib yang sama ketika mereka meninggal. Jangankan dikunjungi, banyak makam dari tokoh bersejarah ini justru rusak bahkan hilang.

1. Genghis Khan
5 Tokoh Bersejarah yang Makamnya Hilang Secara Misterius

Kebanyakan raja memastikan dirinya selalu diingat oleh rakyatnya, bahkan setelah dia tiada. Namun hal itu tidak berlaku bagi Genghis Khan. Terkenal sebagai salah satu panglima sekaligus pemimpin berpengaruh, segala sesuatu tentang kematian sang kaisar masih menjadi misteri hingga hari ini. Dimulai dari sebab kematiannya hingga tempat peristirahatan terakhirnya pun belum diketahui.

Dilansir History, sebelum meninggal dunia pada Agustus 1227, sang kaisar berpesan agar proses pemakamannya dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Tidak hanya itu, Genghis Khan juga meminta dimakamkan di kuburan tanpa nama, sehingga tidak seorang pun di masa depan dapat menemukannya. Sebuah rumor mengatakan, Genghis Khan dimakamkan di Khentii Aimag yang menjadi tempat kelahirannya.

Ketika prosesi pemakaman selesai, budak yang mengubur jasadnya dibunuh oleh prajurit kerajaan agar mereka tidak menyebarkan rahasia itu. Rumor lain menyebutkan bahwa, para pengawal setianya mengalihkan aliran sungai untuk menutupi makamnya.

2. Wolfgang Amadeus Mozart
5 Tokoh Bersejarah yang Makamnya Hilang Secara Misterius

Lahir di Austria tahun 1756, Wolfgang Amadeus Mozart atau yang lebih dikenal dengan nama Mozart, merupakan komposer terkenal yang karyanya digemari banyak orang hingga hari ini. Ketika sedang mempersiapkan sebuah pertunjukan di Wina tahun 1791, Mozart terserang penyakit misterius dan meninggal pada 5 Desember 1971.

Mengingat dia bukan bangsawan, dan hanya memiliki sedikit uang, Mozart dimakamkan di sebuah pemakaman umum St. Marx di Wina. Sesuai tradisi Wina di abad ke 18, semua makam akan digali setelah 10 tahun untuk digantikan dengan makam baru. Nasib yang sama juga berlaku bagi makam sang komposer.

Beberapa tahun kemudian, orang-orang mulai menyadari bahwa mereka melakukan kesalahan besar dengan menggali makam Mozart. Menggunakan dokumen lama, mereka berusaha mencari lokasi tempat peristirahatan terakhir sang komposer.

Semua usaha tersebut gagal, hingga tahun 1801 ada seorang penggali kuburan yang mengklaim bahwa dia menemukan tengkorak Mozart. Sayangnya meski tengkorak itu berasal dari pemakaman yang sama, dan sudah melewati dua kali tes DNA, hasilnya tetap saja tidak meyakinkan.

3. Cleopatra
5 Tokoh Bersejarah yang Makamnya Hilang Secara Misterius

Bisa dibilang, untuk ukuran penguasa Kerajaan Mesir Kuno, Cleopatra memiliki nasib yang cukup tragis. Pada tahun 30 SM, pasukan Romawi di bawah pimpinan Octavianus berhasil menguasai Mesir Kuno, dan memaksa Cleopatra serta Mark Antony untuk menyerah.

Bukannya menyerah, Mark Antony memutuskan untuk bunuh diri dengan menancapkan pisau tajam ke dadanya. Mendengar kematian sang kekasih rupanya membuat Ratu Mesir ini patah hati. Cleopatra kemudian memutuskan untuk meniru kekasihnya dengan meminum racun yang mematikan.

Tidak berhasil memenjarakan pasangan kekasih tersebut nyatanya tidak membuat Octavianus murka. Alih-alih marah, dia justru meminta pengawalnya membuat makam yang megah untuk musuhnya. Ratusan tahun berlalu, para arkeolog belum juga berhasil menemukan makam keduanya.

Menurut perkiraan, keduanya dimakamkan di Kuil Taposiris Magna yang ada di Mesir, atau pemakaman khusus yang kini sudah tenggelam di dasar laut setelah gempa besar yang melanda Mesir pada abad ke-4 Masehi.

4. Alexander The Great
5 Tokoh Bersejarah yang Makamnya Hilang Secara Misterius

Layaknya para raja dan bangsawan, Alexander The Great mendapatkan upacara pemakaman yang luar biasa setelah kematiannya tahun 323 SM. Jasadnya bahkan dibaringkan dalam sebuah peti emas, sebelum akhirnya dikuburkan di Alexandria. Siapa sangka, peti emas ini justru mengundang petaka bagi Alexander The Great.

Makamnya beberapa kali mengalami penjarahan. Lebih parahnya lagi, para penjarah ini tidak datang dari kalangan biasa, melainkan para bangsawan Romawi Kuno yang hidupnya berkecukupan. Caligula yang memerintah dari tahun 37 hingga 41 SM disebut-sebut mencuri hiasan yang ada di jasad Alexander, sedangkan Raja Mesir Kuno yang bernama Ptolemy IX Lathros melelehkan peti tersebut untuk diubah menjadi koin emas.

Bukan hanya itu, Kaisar Romawi lain yang bernama Septimus Severus bahkan menutup makam itu sekitar tahun 200 M, sekaligus menyembunyikan makam itu dari mata dunia untuk selamanya.

5. Vlad The Impaler
5 Tokoh Bersejarah yang Makamnya Hilang Secara Misterius

Normalnya seorang raja yang baik akan mengayomi rakyatnya, bahkan merelakan nyawanya demi melindungi rakyat. Namun Vlad The Impaler jelas bukanlah raja yang baik. Lahir tahun 1428, Vlad The Impaler merupakan raja dari Kerajaan Wallachia yang kini lebih dikenal dengan nama Romania.

Vlad The Impaler terkenal atas kekejamannya yang kelewat batas, dia bahkan tega mengorbankan rakyatnya sendiri. Dilansir History Hit, Raja Wallachia ini pernah mengundang semua  musuhnya dalam acara jamuan makan malam. Di tengah acara, sang raja tiba-tiba memerintahkan semua pasukan untuk menyerang para tamu.

Lebih gilanya lagi, di saat semua tamu meregang nyawa di depannya, Vlad The Impaler tetap melanjutkan makannya seolah tidak terjadi apa-apa. Dia juga membunuh rakyatnya yang sakit, meracuni sumur desa, bahkan membakar desa beserta penduduknya hanya agar pasukan Ottoman tidak mendapatkan apa pun saat menguasai wilayah tersebut.

Vlad The Impaler meninggal dalam sebuah pertempuran melawan pasukan Ottoman tahun 1476. Anehnya sampai hari ini, tidak ada orang yang tahu di mana raja gila ini dimakamkan. Ada banyak desas-desus seputar makam Vlad The Impaler, sebagian mengatakan bahwa tubuhnya dipotong jadi beberapa bagian, dan dimakamkan di tempat berbeda. Cerita lain mengatakan bahwa dia dimakamkan di Biara Snagov, Romania.

Mengingat lima orang di atas adalah tokoh bersejarah, tidak heran rasanya jika banyak arkeolog ingin menemukan makamnya. Berbagai usaha sudah dilakukan untuk menemukan makam-makam di atas, namun hingga hari ini tidak ada satu pun arkeolog yang berhasil menemukannya.

Tokoh-tokoh besar di dunia telah mencatatkan namanya dalam tinta sejarah dan bahkan dengan segala keanehan kisahnya. Kisah-kisah tersebut ada yang dialami pada saat sang tokoh hidup, ada pula yang terjadi justru setelah mereka meninggal dunia. Tentunya menarik jika kita bisa mengetahui beberapa fakta sejarah mengenai kisah-kisah tersebut.

Menjadi tokoh terkenal terlebih lagi sosok tersebut sangat berpengaruh pada lingkungan luas, sangat lah susah untuk dicapai. Perlu pemikiran dan tindakan yang bisa berpengaruh bagi orang banyak. Banyak yang bisa didapatkan jika kita menjadi tokoh terkenal, salah satunya dipandang dan tidak dianggap sebelah mata.

Namun, tidak nyamannya menjadi orang terkenal yaitu akan ada juga orang-orang yang membenci kita. Tak sedikit percobaan tindakan kekerasan hingga pembunuhan yang dialami tokoh besar. Bahkan diantaranya berhasil mengenai target. Tidak sampai disitu saja, tokoh besar yang sudah tak bernyawa juga akan diburu jasadnya untuk kepentingan pribadi maupun publik.