Deretan Penemuan Para Mumi yang Ditemukan Dalam Keadaan Utuh

Deretan Penemuan Para Mumi yang Ditemukan Dalam Keadaan Utuh

Deretan Penemuan Para Mumi yang Ditemukan Dalam Keadaan Utuh – Mumi adalah sebuah mayat yang diawetkan, dikarenakan perlindungan dari dekomposisi oleh cara alami atau buatan, sehingga bentuk awalnya tetap terjaga. Ini dapat dicapai dengan menaruh tubuh tersebut di tempat yang sangat kering atau sangat dingin, atau ketiadaan oksigen, atau penggunaan bahan kimiawi.

Buat kamu yang udah nonton The Mummy pasti udah tau dong salah satu pemeran utamanya yaitu yang jadi muminya sendiri, Putri Ahmanet. Putri Ahmanet ini diceritakan adalah seorang putri dari penguasa Mesir yang akan meneruskan tahta kerajaannya. Namun sayangnya, lahir seorang bayi laki-laki yang akan menggeser tahta Ahmanet tersebut. Ahmanet yang merasa kesal akhirnya membuat perjanjian dengan Iblis, yaitu Dewa Kematian yang disebut Set di Mesir Kuno.

Ahmanet yang sudah membuat perjanjian dengan Dewa Kematian akhirnya membunuh semua anggota keluarganya termasuk si bayi laki-laki yang akan menggantikan tahtanya. Karena perbuatan kejinya tersebut, Ahmanet akhirnya dikubur hidup-hidup dan menjadi mumi. Mumi selalu dikaitkan dengan sejarah Mesir Kuno dan harta karun. Tapi tahu ngga sih kamu kalau di dunia nyata juga ternyata ada mumi sungguhan lho.

1. Mumi St. Bernadette – Perancis
Mirip The Mummy: 3 Mumi yang Ditemukan Dalam Keadaan Utuh

Mumi biarawati cantik ini akan membuat semua orang terkejut karena tubuhnya yang masih utuh dan sempurna. Namanya adalah Saint Barnadette, yang menghabiskan 9 tahun akhir hidupnya di biara Saint Gilard, Nevers.

Tubuhnya tidak mengalami kerusakan saat digali 30 tahun setelah kematiannya dan juga setelah digali 10 tahun kemudian.  Entah bagaimana caranya, tapi tubuhnya mengalami mumifikasi.

2. Mumi La Doncella – Amerika
Mirip The Mummy: 3 Mumi yang Ditemukan Dalam Keadaan Utuh

Kisah mumi ini agak sedikit menyedihkan, tapi juga memberi kita sebuah pelajaran. Mumi ini merupakan gadis pedalaman indian, diduga merupakan suku Inca. Jasadnya ditemukan pada tahun 1999 dan diduga kuat dia merupakan korban ritual yang diadakan oleh sukunya. Mumi ini sendiri ditemukan di sebuah puncak gunung es di Amerika.

3. Mumi Xiaohe – China
Mirip The Mummy: 3 Mumi yang Ditemukan Dalam Keadaan Utuh

Kalau yang ini sih kelihatan banget muminya. Ditemukan di kawasan Xinjiang, China, mumi yang merupakan penemuan dari proyek penggalian ini masih menjadi misteri. Diperkirakan mumi ini berasal dari 3.800 tahun yang lalu. Walau sudah berumur, mumi ini tetap terlihat cantik.Kematian adalah awal kehidupan baru dan masa lalu tidak bisa dilupakan sepenuhnya. Mungkin kita akan dibangkitkan di masa depan.

Mumi paling terkenal adalah mumi yang dibalsam dengan tujuan pengawetan tertentu, terutama dalam Mesir kuno. Orang Mesir percaya bahwa badan adalah tempat Ka seseorang yang sangat penting dalam masa setelah hidup. Di Tiongkok, telah ditemukan dari peti mati sipres yang tenggelam dengan menggunakan tanaman obat-obatan.

Mumi yang terbentuk karena kejadian alami, seperti di tempat super dingin (Ötzi), asam (manusia Tollund) atau kekeringan yang ditemukan di banyak tempat di dunia. Beberapa mumi yang terawet baik dalam kondisi alami bermulai sejak periode Inca di Peru.