Deretan Orang yang Memiliki Kelebihan Unik Pasca Cedera Otak

Deretan Orang yang Memiliki Kelebihan Unik Pasca Cedera Otak

Deretan Orang yang Memiliki Kelebihan Unik Pasca Cedera Otak – Tubuh manusia menyimpan banyak hal yang menakjubkan. Mulai dari cara kerja tubuh itu sendiri hingga deretan fakta lain yang tak jarang membuat kita berdecak kagum. Tak hanya itu, nyatanya banyak orang yang memiliki keunikan pada tubuh mereka yang tak semua orang miliki.

Bahkan bisa jadi hal tersebut hanya bisa dilakukan oleh dirinya seorang di dunia ini. Acquired savant syndrome terjadi ketika otak merespons trauma. Sindrom ini mengacu pada keterampilan atau kemampuan baru pada seseorang yang sebelumnya ‘normal. Sebab akibat dari sebuah kejadian tragis yang memengaruhi otak, berujung pada munculnya kemampuan khusus yang unik.

Memang benar bahwa cedera otak tidak selalu memberikan hasil yang menyenangkan bagi korbannya. Namun kejadian langka bisa terjadi, lho! Meskipun orang-orang ini mengalami trauma, otak mereka dikompensasi dengan beberapa keterampilan khusus.

1. Orlando Serrell
5 Orang Dianugerahi Kemampuan Unik Pasca Cedera Otak

Salah satu penderita sindrom savant yang terkenal adalah Orlando Serrell. Melansir situs resminya, kejadian nahas ini dimulai ketika sebuah bola bisbol mengenai Serrell yang berusia sepuluh tahun saat pertandingan. Meski terjatuh, ia bangkit kembali dan terus bermain baseball.

Setelah sakit kepalanya hilang, dia menyadari bahwa dia bisa menyebutkan hari dalam seminggu untuk tanggal apa pun. Dia juga bisa mengingat cuaca, di mana dia berada, dan apa yang dia lakukan setiap hari sejak kecelakaan itu.

2. Derek Amato
5 Orang Dianugerahi Kemampuan Unik Pasca Cedera Otak

Beberapa orang yang mengalami sindrom langka ini memperoleh kemampuan artistik. Ialah Derek Amato. Bagi Derek Amato, skill-nya adalah piano.

Melansir Popular Science, kejadian dia mendapatkan kemampuannya ini akibat Amato muda memanggil temannya Jacuzzi untuk melemparkan bola kepadanya. Nahasnya karena kecelakaan kecil tersebut kepala Amato terbentuk beton.

Iapun terjatuh dengan gangguan pendengaran di satu telinga, kehilangan memori, dan sakit kepala. Namun kejadian di luar dugaan ini juga memberi Amato kemampuan untuk memahami dan memainkan nada-nada rumit pada piano, tanpa latihan apa pun. Dia tertarik pada keyboard di studio temannya dan bermain selama enam jam.

3. Alonzo Clemons
5 Orang Dianugerahi Kemampuan Unik Pasca Cedera Otak

Alonzo Clemons menderita cedera otak saat balita, mengubah cara dia berpikir, belajar, dan berkomunikasi. Dia juga secara ajaib mulai membuat patung manusia hidup dari ingatan saja tanpa pelatihan formal.

Melansir dari website pribadinya, Clemons telah dikenal dunia sebagai seorang seniman yang menghasilkan patung hewan dari ingatan saja. Penampilannya di acara-acara termasuk 60 Minutes, Geraldo dan Discovery Channel’s World of Wonder memberi Clemons kesempatan untuk diakui dunia atas karyanya.

4. Anthony Chicoria
5 Orang Dianugerahi Kemampuan Unik Pasca Cedera Otak

Sambaran petir mengenai Anthony Chicoria yang saat itu usianya 42 tahun. Ahli bedah mengatakan bahwa saat itu dia pingsan namun kemudian tersadar. Karena orang terdekatnya khawatir, dia diminta dirujuk ke rumah sakit. Namun Chicoria menolak untuk pergi ke rumah sakit, tetapi memeriksakan diri ke dokter dan melakukan CT scan.

Semuanya normal kecuali masalah ingatan yang berkepanjangan, seperti dikutip dari The New Yorker.

Namun keadaan berubah beberapa tahun kemudian ketika Chicoria tiba-tiba memiliki keinginan yang kuat untuk mendengarkan musik piano. Meskipun karena keterbatasan akses ke belajar musik dan tidak memiliki piano, namun musik datang kepadanya lewat lantunan yang selalu memenuhi kepalanya.

Hal ini mendorongnya untuk mulai belajar musik, tetapi dia tidak dapat memahami nada-nada klasik karena lagu-lagu lain diputar di kepalanya. Dia menyadari bahwa itu adalah melodi yang lengkap dan asli dari ciptaannya sendiri.

5. Jason Padgett
5 Orang Dianugerahi Kemampuan Unik Pasca Cedera Otak

Meskipun banyak orang yang mengalami sindrom memiliki kemampuan musik atau artistik, bakat Jason Padgett adalah matematika.

Kejadian dia mendapatkan sindrom ini ketika adanya serangan di luar bar karaoke pada tahun 2002, iapun mengalami gegar otak, namun akhirnya dia menjadi sosok yang jenius matematika juga.

Setelah kejadian tersebut, Padgett mengembangkan kemampuan untuk visualisasikan topik matematika dan fisika yang kompleks, tetapi dia tidak melampaui pra-aljabar dalam studinya.

Prekognisi adalah persepsi akan kejadian pada masa yang akan datang. Seseorang bisa tahu apa yang bakal terjadi pada masa depan. Seolah-olah sudah ada gambaran bahwa masa depan akan terjadi persis seperti yang dipikirkan, padahal tidak ada data tersedia untuk bisa meramalkan. Termasuk dalam prekognisi adalah prekognisi telepati, yakni kemampuan seseorang untuk mengetahui keadaan mental seseorang dimasa yang akan datang.

Misalnya prekognisi bahwa seseorang akan mengalami ketakutan, atau akan mengalami kebahagiaan. Salah satu bentuk prekognisi adalah premonition, yakni perasaan atau kesan bahwa sesuatu akan terjadi. Biasanya kejadian yang dirasakan akan terjadi berupa kejadian yang mengerikan atau tidak menyenangkan.

Nah, itulah sosok yang memiliki kemampuan unik imbas kejadian yang sebenarnya cukup berbahaya. Namun keberuntungan berpihak sehingga tercipta kemampuan khusus.