Deretan Film yang Mengalami Fenomena Mistis Saat Syuting

Deretan Film yang Mengalami Fenomena Mistis Saat Syuting

Deretan Film yang Mengalami Fenomena Mistis Saat Syuting – Film horor adalah film yang berusaha untuk memancing emosi berupa ketakutan dan rasa ngeri dari penontonnya. Alur cerita mereka sering melibatkan tema-tema kematian, supranatural, atau penyakit mental.

Banyak cerita film horor yang berpusat pada sebuah tokoh antagonis tertentu yang jahat. Suasana horor yang terjadi di dalam film yang mencekam bisa terjadi juga di balik layar. Beberapa film mengabarkan adanya gangguan mistis saat proses syuting sedang berlangsung.

Gangguan ini ada yang dipicu karena kisah yang diangkat atau pemilihan lokasi syuting. Penasaran film apa saja yang mengalami gangguan mistis saat proses produksi? Berikut daftar film yang mengalami fenomena mistis saat syuting.

1. The East / De Oost (2021)
7 Kejadian Mistis Saat Syuting Film Hollywood, Ngeri-ngeri Sedep!

Sebagai salah satu film produksi Belanda, film ini dipenuhi kisah mistis Indonesia. Film ini berkisah tentang kembalinya Belanda setelah Indonesia merdeka. Oleh karena itu, mayoritas adegan harus dilakukan di Indonesia.

Mengutip dari salah satu kisah di IMDb, selama proses syuting mereka kerap kali diganggu oleh makhluk halus. Gangguan itu membuat mereka harus berlindung di tempat ibadah, seperti masjid.

2. Annabelle (2014)
7 Kejadian Mistis Saat Syuting Film Hollywood, Ngeri-ngeri Sedep!

Sutradara film ini, John R. Leonetti menjelaskan bila mereka setidaknya mengalami dua gangguan dari kejadian supernatural. Pertama, mereka melihat sebuah bekas tapak tangan di jendela lokasi syuting.

Debu tersebut terlihat seperti sidik tiga jari. Kedua, adanya fenomena saat aktor yang berperan sebagai pesuruh tertimpa kaca cahaya besar. Ternyata, lokasi aktor itu tertimpa sesuai dengan lokasi kematian tokoh pesuruh di dalam naskah.

3. The Exorcist (1973)
Serem Banget! Ini 4 Rekomendasi Film Pengusiran Setan Terbaik | Suara.com |  LINE TODAY

Film ini dipenuhi fenomena menyeramkan. Pertama, set rumah MacNeil terbakar dan menyisakan seluruh set terbakar, kecuali kamar Regan. Kemudian, terdapat koneksi kematian dari pemain film ini, yaitu Jack MacGowran and Vasiliki Maliaros saat tahap post produksi. Tokoh mereka kedua diceritakan tewas di film ini.

4. Rosemary’s Baby (1968)

Rosemary's Baby (1968) - Movie Review / Film Essay

Film ini menyimpan banyak kisah menyeramkan dari fenomena yang dialami kru film. Komposer musik film ini, Krzysztof Komeda meninggal setelah terbaring koma selama empat bulan.

Kisah kematian Komeda mirip dengan kisah di dalam novel referensi film ini. Hal lain juga terjadi kepada istri sutradara film ini, Sharon Tate. Kabarnya, Sharon menjadi tertarik untuk pemujaan gaib karena tidak mendapat peran utama. Tidak lama, Sharon yang sedang hamil ditemukan wafat ditikam secara brutal.

5. Poltergeist (1982)
Poltergeist (1982) [1920 x 1280] | Horror movie art, Alternative movie  posters, Poltergeist

Kutukan bagi film Poltergeist kabarnya bermula dari properti syuting yang dibeli oleh produser, Steven Speilberg dan sutradara, Tobe Hooper. Mereka membeli tulang sungguhan untuk salah satu adegan saat tokoh utama berenang di kolam berisi tulang.

Alasannya karena tulang asli lebih murah daripada tulang buatan. Sejak saat itu, banyak kejadian aneh dan mencekam yang terjadi kepada pemain film ini. Salah satunya menimpa Dominique Dunne yang setahun setelah film ini rilis dicekik sampai tewas oleh pacarnya.

6. The Amityville Horror
Amityville Secret - 2021 New Horror Movie - Full Horror Movie In English -  YouTube

Film ini dibuat dari tragedi nyata kisah Ronald DeFeo Jr. membunuh enam anggota keluarganya pada 1974. Film original 1976 kisah The Amityville Horror ini dilengkapi fenomena horor saat melakukan proses syuting.

Saat film ini dibuat ulang pada 2005, Ryan Reynolds turut merasakan pengalaman aneh. Ryan selalu terbangun tepat pukul 3:15, waktu penyihir beraksi. Tidak hanya itu, polisi menemukan mayat di salah satu rumah dekat lokasi syuting The Amityville Horror versi 2005.

7. The Conjuring
7 Kejadian Mistis Saat Syuting Film Hollywood, Ngeri-ngeri Sedep!

Kisah di balik layar film The Conjuring menyimpan banyak kisah menyeramkan. Salah satu pemeran, Joey King tiba-tiba mendapat luka lebam. Padahal, Joey tidak melakukan adegan aksi atau stunt.

Vera Farminga juga mengalami pengalaman mistis. Vera melihat bekas tiga bekas cakaran digital di komputernya. Tidak hanya itu, Vera tiba-tiba juga mendapat lebam di paha. Kemudian, properti syuting dikabarkan selalu berpindah tempat dari lokasi peletakannya.

Film horor umumnya telah diasosiasikan dengan kekerasan, anggaran yang rendah (B film), dan eksploitasi. Namun nyatanya banyak sutradara film dari Amerika yang terkenal dan dihormati seperti Alfred Hitchcock, Roman Polanski, Stanley Kubrick, John Carpenter, William Friedkin, Richard Donner, dan Francis Ford Coppola telah menggarap setidaknya satu judul film dalam ragam yang unik ini.

Para kritikus film horor kebanyakan menganalisis film ragam ini dari sudut pandang teori ragam dan teori auteur. Beberapa film horor memasukkan unsur-unsur ragam lain seperti fiksi ilmiah, fantasi, mockumentary, komedi hitam, dan cerita getaran, yang menciptakan sebuah perpaduan atau sub-ragam yang baru.