Berikut Penjelasan Tentang Indigo Melalui Kacamata Ilmiah

Berikut Penjelasan Tentang Indigo Melalui Kacamata Ilmiah

Berikut Penjelasan Tentang Indigo Melalui Kacamata Ilmiah – Anak indigo atau anak nila (Indigo children) adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan anak yang diyakini memiliki kemampuan atau sifat yang spesial, tidak biasa, dan bahkan supranatural.

Konsep ini merupakan ilmu semu yang didasarkan pada gagasan Zaman Baru pada tahun 1970-an. Dalam buku The Indigo Child yang ditulis oleh Carrol dan Tober, anak indigo adalah anak yang memiliki sifat atau perilaku psikologis unik yang sebelumnya belum teridentifikasi.

Namun, tentunya, tak begitu saja semua orang mau menerima penjelasan itu. Penjelasan secara ilmiah mengenai indigo ini juga bayak dicari dan dipertanyakan. Rifan Rizal dari Universitas Komputer Indonesia mengkaji dan menjelaskan mengenai fenomena indigo ini dalam jurnalnya.

1. Memiliki rasa sensitivitas yang tinggi
5 Fakta Indigo secara Ilmiah, Apakah Benar Bisa Melihat Hantu?

Dalam banyak kasus orang yang didiagnosis indigo. Biasanya, mereka memiliki sensitivitas atau kepekaan perasaan yang lebih tinggi. Mereka cenderung mampu merasakan emosi dan energi yang ada di sekitar mereka.

Inilah yang membuat indigo dianggap memiliki kemampuan istimewa dalam merasakan energi-energi tak kasat mata yang mungkin oleh orang kebanyakan tak terasa. Energi ini bisa berasal dari mana saja, seperti dari emosi orang di sekitarnya atau energi alam.

2. Sering didiagnosis ADD/ADHD
5 Fakta Indigo secara Ilmiah, Apakah Benar Bisa Melihat Hantu?

Menurut penelitian para ahli, anak indigo juga kerap kali ditemukan terdiagnosis Attention Deficit Disorder (ADD) atau Attention Deficit Hyperactive Disorder (ADHD) yang ditandai dengan perilaku impulsif, hiperaktif, dan kurangnya perhatian.

Sehingga, anak yang terdiagnosis kelainan ini membutuhkan serangkaian terapi untuk memulihkan keadaan jiwa dan emosinya.

3. Ditemukan pada anak-anak istimewa
5 Fakta Indigo secara Ilmiah, Apakah Benar Bisa Melihat Hantu?

Anak indigo juga biasanya menunjukkan perbedaan mencolok pada sikap, watak, atau kebiasaan mereka. Sering kali anak indigo ditemukan dengan IQ di atas rata-rata, namun ada juga yang justru mengalami kesulitan belajar dan menyerap informasi.

Hal ini menjadi pekerjaan rumah bagi orangtua untuk sebisa mungkin mengenal betul potensi dan kemampuan anak.

4. Kadang dianggap hanyalah halusinasi
5 Fakta Indigo secara Ilmiah, Apakah Benar Bisa Melihat Hantu?

Seperti pernyataan yang pernah disampaikan oleh Lia Tjokro, PhD dari  University of California, sampai saat ini belum ada kajian ilmiah resmi yang mampu menjelaskan bagaimana indigo dapat terjadi.

Hal ini karena memang kajian atau penelitian ilmiah haruslah dilakukan pada faktor yang mampu dijabarkan secara data pasti yang sistematis. Kemampuan dan kadar indigo tentulah sulit dijabarkan dengan cara tersebut sehingga sulit dilakukan penelitian secara ilmiah.

5. Sulit dideskripsikan secara matematis
5 Fakta Indigo secara Ilmiah, Apakah Benar Bisa Melihat Hantu?

Sulitnya indigo dijelaskan secara ilmiah membuat banyak spekulasi bermunculan tentang hal ini. Banyak yang menganggap bahwa semua itu hanyalah ilusi yang timbul akibat kejadian traumatis atau gangguan psikologis.

Bahkan, ada juga yang beranggapan bahwa adanya orang atau anak indigo hanyalah mengada-ada dengan tujuan sebagai cara lain untuk memeras uang orangtua yang mudah ditipu.

Interpretasi mengenai indigo ada bermacam-macam: dari yang meyakini bahwa mereka adalah tahap evolusi manusia selanjutnya (yang bahkan mempunyai kemampuan paranormal seperti telepati) hingga yang menyebut anak indigo sebagai anak yang lebih empatik dan kreatif.

Meskipun tidak ada satu bukti penelitian pun yang membuktikan keberadaan anak indigo atau sifat mereka, fenomena ini menarik perhatian orang tua yang anaknya didiagnosis mengalami kesulitan belajar atau yang ingin anaknya spesial.