Berikut Lima Tarian Mistis Indonesia yang Bikin Merinding

Berikut Lima Tarian Mistis Indonesia yang Bikin Merinding

Berikut Lima Tarian Mistis Indonesia yang Bikin Merinding – Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya. Mulai dari beragamnya suku, kepercayaan, kesenian, hingga bahasa. Meskipun kepercayaan setiap daerah berbeda, tetapi hal mistis dan kleniknya terlihat dari dalam keseniannya. Di Indonesia ada banyak seni seperti menari yang berbeda-beda di tiap daerah tapi ternyata ada loh tarian mistis yang cukup terkenal di Indonesia.

Beragamnya kesenian tari di Indonesia sudah lahir sejak zaman dulu hingga sekarang. Setiap tarian biasanya mewakili adat istiadat dari masing-masing daerah. Nilai dan unsur dari nenek moyang juga tak lepas dari setiap gerakan yang diciptakan. Disebut tarian mistis lantaran tarian ini terlihat sangat menyeramkan dan ada beberapa yang sampai kesurupan dan memakan barang-barang yang anti mainstream.

Nah, kali ini kami akan memberikan tarian mistis Indonesia yang bikin merinding. Penasaran kan? Yuk langsung simak saja artikel berikut ini.

1. Tari Jaran Kepang (Kuda Lumping)

Tari ini merupakan seni tari yang berasal dari Jawa Timur dan sering dimainkan di berbagai acara adat seperti pernihakahan, dan lain sebagainya.

Namun, terkadang ada para penari yang memasukkan roh halus pada dirinya sehingga akan bertingkah aneh seperti memakan kaca, menginjak kaca, dan lain sebagainya.

2. Tari Calon Arang

Tari ini berasal dari Bali dan bukan sembarangan orang yang bisa melakukannya karena memiliki ilmu magis yang kuat.

Para penari biasanya akan menunjukkan atraksi yang mainstream seperti menggolok leher, menusukkan keris, dan lain sebagainya.

3. Tari Salai Jin

tarian mistis indonesia

Tari ini berasal dari Ternate, Maluku Utara yang berisikan pesan terhadap sosok makhluk gaib untuk memberikan pertolongan.

Biasanya, jenis tarian ini digunakan untuk meminta bantuan agar terhindar dari berbagai persoalan yang dialami manusia.

4. Tari Rentak Bulian

tarian mistis indonesia

Tarian ini berasal dari Riau dan memiliki syarat yang harus dilakukan yakni jumlah penari harus ada 7 orang.

Jika kurang atau lebih, tentu akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan dan para penari biasanya akan dimasuki oleh jin.

5. Tari Bedhaya Ketawang

tarian mistis indonesia

Tari ini sangat terkenal di Surakarta yang juga memiliki syarat unik yakni jumlah penari harus 9 orang dan semuanya harus wanita yang sedang tidak haid.

Konon, ratu pantai selatan yang dikenal Nyi Roro Kidul ikut menari di tarian ini dengan menjadi penari yang ke 10.

Nah, itulah tarian mistis Indonesia yang menyeramkan. Kira-kira ada tarian lagi yang lebih mistis gak ya?