Berikut Hal Mistis Ini Masih Dipercaya Orang Indonesia

Berikut Hal Mistis Ini Masih Dipercaya Orang Indonesia

Berikut Hal Mistis Ini Masih Dipercaya Orang Indonesia – Menurut asal kata, mistik berasal dari bahasa Yunani yaitu mystikos yang artinya rahasia serba rahasia, tersembunyi, gelap atau terselubung dalam kekelaman. Tidak bisa dipungkiri, hal mistis tidak pernah luput pembahasan dari masyarakat Indonesia dan banyak juga yang mempercayainya.

Berdasarkan arti tersebut, mistik sebagai sebuah paham yaitu paham mistik atau mistisisme merupakan paham yang memberikan ajaran yang serba mistis (misal ajarannya berbentuk rahasia atau ajarannya serba rahasia, tersembunyi, gelap atau terselubung dalam kekelaman.

Meski begitu, beberapa orang dengan pemikiran yang lebih maju tidak akan percaya dengan hal mistis tersebut. Nah, Dilansir dari apk idn poker online kali ini kami akan memberikan 5 hal mistis yang dipercaya di Indonesia. Penasaran kan? Yuk langsung simak saja artikel berikut ini.

1. Dukun

Dukun atau orang pintar adalah istilah yang secara umum dipahami dalam pengertian orang yang memiliki kelebihan dalam hal kemampuan supranatural yang menyebabkannya dapat memahami hal tidak kasatmata serta mampu berkomunikasi dengan arwah dan alam gaib, yang dipergunakan untuk membantu menyelesaikan masalah di masyarakat, seperti penyakit, gangguan sihir, kehilangan barang, kesialan, dan lain-lain.

Biasanya, dukun akan menjadi pilihan yang gelap bagi seseorang yang lelah akan kehidupannya dan ingin memberikan kebahagiaan secara instan.

2. Benda keramat
hal mistis indonesia

Benda keramat sering kali dikaitkan dengan hal mistis oleh masyarakat Indonesia karena bisa membawa keberuntungan.

Cincin, batu, dan sebagainya dianggap bukan benda biasa jika benda-benda tersebut memiliki hal yang berkaitan dengan mistis seperti batu yang datang dengan sendirinya dan cincin yang dipercaya ada jin di dalamnya.

3. Mitos
hal mistis indonesia

Mitos atau mite adalah bagian dari suatu folklor yang berupa kisah berlatar masa lampau, mengandung penafsiran tentang alam semesta (seperti penciptaan dunia dan keberadaan makhluk di dalamnya), serta dianggap benar-benar terjadi oleh yang empunya cerita atau penganutnya.

Dengan adanya mitos ini, kita dihimbau untuk tidak melakukan apa yang dilarang menurut keyakinan warga setempat untuk keselamatan bersama.

4. Waktu terlarang
hal mistis indonesia

Banyak sekali waktu-waktu yang dianggap terlarang di Indonesia salah satunya yakni tidak boleh menikah di bulan Suro.

Hal itu lantaran jika memaksakan menikah di Bulan Suro, dipercaya akan berdampak buruk pada pasangan suami istri tersebut seperti pertengkaran yang hebat.

5. Ritual

Ritual adalah serangkaian kegiatan yang dilaksanakan terutama untuk tujuan simbolis. Ritual dilaksanakan berdasarkan suatu agama atau bisa juga berdasarkan tradisi dari suatu komunitas tertentu. Ritual sering kali dilakukan oleh masyarakat Indonesia karena dipercaya bisa memperikan keberuntungan ataupun keselamatan bersama.

Biasanya, ritual dilakukan oleh orang-orang yang memiliki kemampuan mistis karena akan berhadapan dengan dimensi lain.

Tujuan ritual pun bermacam-macam, contohnya seperti ritual rumah baru yang memiliki tujuan untuk keselamatan dari penghuni agar tidak diganggu oleh makhluk halus dan terbebas dari keburukan.

Nah, itulah 5 hal mistis yang dipercaya di Indonesia. Kalau kamu sendiri percaya yang mana nih atau gak percaya sama sekali?