Berikut Fakta Tentang Kasus Pesugihan Mencungkil Mata Anak

Berikut Fakta Tentang Kasus Pesugihan Mencungkil Mata Anak

Berikut Fakta Tentang Kasus Pesugihan Mencungkil Mata Anak – Pesugihan adalah suatu cara untuk memperoleh kekayaan secara instan tanpa harus bekerja keras layaknya orang bekerja pada umumnya. Dalam prosesnya pesugihan adalah bentuk kerjasama perjanjian antara manusia sebagai pelaku pesugihan dengan makhluk gaib/jin/siluman.

Sebenarnya pesugihan ini tidaklah gratis melainkan memerlukan tumbal atau korban kepada pihak makhluk gaib sebagai pengganti atau barter untuk kekayaan. Peristiwa memilukan dialami seorang anak perempuan di Kelurahan Gantarang, Kecamatan Tinggimoncong, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Anak perempuan berusia enam tahun menjadi korban kekerasan dari keluarganya.

Mirisnya, semua dilakukan diduga untuk ritual pesugihan. Bahkan, sang ibu tega menganiaya anaknya hingga satu bola matanya nyaris hilang. Beruntung kerabat korban mendengar jeritan anak tersebut dan melarikan korban ke rumah sakit.

1. Bola mata sang anak nyaris hilang
Dasar Hukum Bagi Pelaku Penganiayaan Terhadap Anak

Kepala Satuan Reserse Kriminal Polres Gowa AKP Boby Rachman mengatakan, bocah berusia enam tahun itu ditemukan terluka dengan keadaan bola matanya nyaris hilang karena ulah sang ibu.

“Diduga orang tua korban ikut pesugihan,” kata Boby saat dikonfirmasi IDN Times, Sabtu malam (4/9/2021).

2. Orang tua, kakek, dan nenek ikut aniaya korban
Penganiayaan Satu Keluarga di Depok, Ini Cerita Heroik Anak Bungsu yang  Minta Bantuan Tetangga - Bagian 1

Peristiwa tersebut terjadi di rumah korban pada Rabu, 1 September 2021. Saat itu, salah seorang kerabat mendengar jeritan korban. Sang kerabat melihat orang tua sedang menganiaya korban dibantu kakek dan neneknya.

Kendati, ada anggota keluarga korban lainnya yang melaporkan kasus pada kekerasan anak ini ke perangkat pemerintah setempat dan polisi.

3. Korban diduga korban pesugihan
4 Fakta Bocah Diduga Korban Pesugihan Keluarga, Mata Nyaris Hilang

Polisi kemudian menangkap empat orang terkait kasus ini. Mereka adalah ayah, ibu, kakek, serta paman korban.

Polisi menduga sang anak menjadi korban pesugihan yang dilakukan keluarga. Saat ini polisi tengah memeriksa para pelaku secara intensif.

4. Polisi tunggu hasil pemeriksaan kejiwaan orang tua korban
4 Fakta Bocah Diduga Korban Pesugihan Keluarga, Mata Nyaris Hilang

Boby menyatakan kedua orang tua korban untuk sementara dibawa ke Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Dadi Kota Makassar untuk diperiksa kejiwaannya.

“Orang tua korban dalam observasi,” katanya.

Pemeriksaan bertujuan memastikan apakah kondisi kesehatan mereka terganggu atau tidak. Mengingat, perbuatan sekeluarga ini dianggap tak lazim karena melukai anaknya sendiri.

Korban tumbal pesugihan Biasanya berdasarkan permintaan sang makhluk gaib dan pihak manusia harus bisa memenuhinya. Biasanya para pelaku pesugihan adalah orang-orang yang telah putus asa dalam kehidupannya mencari uang secara halal, dan sudah tertutup hatinya sehingga bahkan harus tega mengorbankan orang lain untuk di jadikan korban tumbal pesugihannya.

Pada dasarnya, dalam pesugihan pihak manusialah yang akan selalu di rugikan, apalagi kekayaan yang didapatkannya tidak akan berlangsung lama jika tidak bisa memenuhi tumbal korban setiap tahunnya. Apabila sang pelaku pesugihan telah meninggal dunia hasil kekayaan dari hasil pesugihan juga akan lenyap jika tidak ada yang meneruskan atau mewarisi pesugihan tersebut.