Berikut Deretan Kastil yang Terkenal Angker di Polandia

Berikut Deretan Kastil yang Terkenal Angker di Polandia

Berikut Deretan Kastil yang Terkenal Angker di Polandia – Polandia adalah sebuah negara republik di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman di sebelah barat  Perbatasan Oder-Neisse, Ceko, dan Slowakia di sebelah selatan, Polandia adalah salah satu negara Eropa yang memiliki berbagai tempat wisata berupa bangunan bersejarah. Salah satu dari bangunan tersebut adalah kastil, ada puluhan jumlah bangunan megah tersebut yang tersebar di seluruh daratan negara ini.

Puri atau kastel adalah jenis bangunan pertahanan Abad Pertengahan yang kebanyakan didirikan oleh raja-raja atau kaum bangsawan dan tarekat-tarekat militer. Kastil-kastil tersebut konon menyimpan berbagai misteri tersendiri. Terutama soal cerita horor atau mitos turun temurun dari orang-orang yang pernah melihat penampakan hantu di bangunan berusia ratusan tahun itu.

Terkenal angker, berikut deretan kastil menarik yang ada di Polandia. Cocok untuk destinasi wisata ngeri dan menguji adrenalinmu!

1. Checiny Castle
5 Kastil Angker di Polandia, Ada yang Dihuni Sosok Hantu Valak!

Dibangun pada abad ke-13, Checiny Castle mengalami kehancuran 5 abad kemudian. Selanjutnya, bangunan tersebut dibiarkan hingga sekarang. Reruntuhan dari bekas kastil yang luar biasa ini konon sering dikunjungi oleh hantu perempuan berkulit putih pucat yang tampak berdiri di sudut-sudut bekas kastil tersebut.

Masyarakat setempat mulai sadar akan kemunculan arwahnya, setelah Ratu Polandia kala itu, Bona Sforza meninggal pada abad ke-16. Bona Sforza dipercayai menyembunyikan beberapa harta di dalam kastil ini, setelah bermigrasi dari Italia ke Polandia.

Hal tersebut yang membuat orang-orang percaya, bahwa dia kembali dari kematiannya untuk mencari harta karun itu sampai hari ini.

2. Chojnik Castle
5 Kastil Angker di Polandia, Ada yang Dihuni Sosok Hantu Valak!

Kastil Chojnik merupakan sebuah kastil yang terletak di bukit Chojnik, kota Sobieszów, sekarang bagian dari Jelenia Góra di barat daya Polandia. Kastil ini telah menjadi sejarah bagi sebagian besar pertempuran atau peperangan yang pernah terjadi, hingga rusak karena terbakar oleh sambaran petir.

Hans Ulrich Schaffgotch diyakini sebagai penghuni terakhir kastil ini, ia terbunuh pada tahun 1645 setelah diketahui mengkhianati seorang penguasa kala itu. Pasca kosongnya kastil, orang-orang mulai melihat bayangan penunggang kuda yang muncul dari kabut gelap pada malam hari. Banyak yang percaya bahwa arwah Hans Ulrich Schaffgotch terus menjaga istananya hingga sekarang.

3. Darłowo Castle
5 Kastil Angker di Polandia, Ada yang Dihuni Sosok Hantu Valak!

Konon, kastil yang terletak di pantai Laut Baltik, Polandia ini dihuni oleh arwah dari Duchess Sofia yang kerap terlihat mengenakan gaun putih panjang. Menurut sebagian orang yang pernah melihat penampakan tersebut, hantu itu bergentayangan dengan berjalan sambil memegang lilin yang terus menyala.

Sofia adalah istri dari Pangeran Eric II, dari dinasti Pomeranian di Gryfit. Dia merupakan seorang perempuan kuat dan bijaksana yang hidup pada abad ke-15 dan tinggal di kastil tersebut, serta sangat dihormati seluruh rakyatnya pada saat itu.

4. Drzewica Castle
5 Kastil Angker di Polandia, Ada yang Dihuni Sosok Hantu Valak!

Dibangun antara tahun 1527 dan 1535 oleh Uskup Agung Gniezno Maciej Drzewicki. Kastil bergaya abad pertengahan ini berdiri kokoh di pinggiran kota dan tepat berada di tepi sungai Drzewiczka, membuatnya dikelilingi oleh parit.

Castle of Drzewica rupanya juga memiliki memiliki cerita horor, konon bangunan ini dihuni oleh hantu biarawati yang digambarkan mirip hantu Valak dalam film The Conjuring.

Menurut orang-orang yang pernah melihat penampakan tersebut, hantu itu kerap mengeluarkan suara-suara menyeramkan sebelum muncul dengan memegang lilin.

5. Grodziec Castle
5 Kastil Angker di Polandia, Ada yang Dihuni Sosok Hantu Valak!

Kastil Grodziec yang sudah ada sejak tahun 1155, konon dihuni hantu berbentuk kerangka manusia yang mengenakan baju besi terbakar oleh api bernama Ghoul. Tak seperti kebanyakan hantu lainnya, Ghoul ternyata suka membantu orang-orang baik dan menyerang orang jahat.

Kastil yang terletak di wilayah Silesia, Polandia ini sudah mengalami beberapa renovasi dan pembangunan ulang. Kemudian pada tahun 2006 diubah menjadi sebuah hotel yang di dalamnya memiliki restoran makanan khas Polandia.