Beragam Tradisi Unik Dari Papua yang Menjadi Ciri Masyarakat

Beragam Tradisi Unik Dari Papua yang Menjadi Ciri Masyarakat

Beragam Tradisi Unik Dari Papua yang Menjadi Ciri Masyarakat -Tradisi atau  kebiasaan adalah sebuah bentuk perbuatan yang dilakukan berulang-ulang dengan cara yang sama. Hal ini juga menunjukkan bahwa orang tersebut menyukai perbuatan itu. Kebiasaan yang diulang-ulang ini dilakukan secara terus menerus karena dinilai bermanfaat bagi sekelompok orang, sehingga sekelompok orang tersebut melestarikannya.

Kata “Tradisi” diambil dari bahasa latin “Tradere” yang bermakna mentransmisikan dari satu tangan ke tangan lain untuk dilestarikan. Tradisi secara umum dikenal sebagai suatu bentuk kebiasaan yang memiliki rangkaian peristiwa sejarah kuno. Setiap tradisi dikembangkan untuk beberapa tujuan, seperti tujuan politis atau tujuan budaya dalam beberapa masa. Jika kebiasaan sudah diterima oleh masyarakat dan dilakukan secara berulang, maka segala tindakan yang bertentangan dengan kebiasaan akan dirasakan sebagai perbuatan yang melanggar hukum.

Berbicara tentang Papua, pastinya identik dengan daftar idn play poker android pemandangan alamnya yang sangat indah dan kekayaan sumber daya alamnya yang melimpah. Sayangnya, tak banyak orang tahu tentang kekayaan budaya dan seninya yang sangat menarik, seperti tarian, alat musik, hingga tradisi atau adat istiadat. Berbicara tentang adat istiadat, Papua mempunyai berbagai keunikan yang menjadikan hal tersebut sebagai ciri khas masyarakat di sana.

1. Tradisi Iki Palek
5 Tradisi Unik dari Papua yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Apakah kamu pernah membayangkan jika jarimu dengan sengaja dipotong? Di Papua, terdapat sebuah tradisi yang dapat dikatakan ekstrem yang biasa disebut Iki Palek atau tradisi memotong jari. Tradisi ini dilakukan oleh para anggota Suku Dani.

Meskipun bagi kebanyakan orang terdengar menyeramkan, tradisi ini mempunyai makna dan filosofi yang dalam bagi para anggota Suku Dani. Tradisi ini dilakukan untuk menunjukkan rasa setia dan rasa kehilangan yang mendalam terhadap anggota keluarga yang baru saja meninggal.

2. Tradisi Mumi Papua
5 Tradisi Unik dari Papua yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Jika berbicara tentang mumi, pastinya daerah pertama yang kita ingat adalah Mesir. Namun, siapa sangka jika beberapa suku di Papua juga mempunyai tradisi mengawetkan jenazah. Tradisi ini dilakukan oleh beberapa suku seperti Suku Moni, Suku Yali, Suku Mee, dan Suku Dani.

Memang, tidak semua anggota suku di setiap wilayah menerapkan tradisi ini karena tradisi ini hanya dilestarikan di beberapa daerah tertentu. Salah satu hal yang menarik dari tradisi ini ialah jenazah yang dijadikan mumi bukanlah orang sembarangan, melainkan seseorang yang sangat berjasa bagi suku mereka.

3. Tradisi Ararem
5 Tradisi Unik dari Papua yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Suku Biak di Papua mempunyai sebuah tradisi yang menarik untuk mengantar mas kawin atau Ararem dari calon suami kepada keluarga calon istri. Dalam tradisi ini, keluarga laki-laki yang ditemani iringan Tarian Wor akan membawa peralatan rumah tangga, piring adat, dan makanan ke rumah keluarga calon istri. Tradisi ini masih dapat kamu temukan hingga saat ini.

4. Tifa Darah
5 Tradisi Unik dari Papua yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Seperti yang kita ketahui bahwa tifa merupakan salah satu alat musik tradisional masyarakat Papua. Kulit alat musik ini cukup menarik karena terbuat dari kulit biawak. Namun, apakah kamu tahu bahan yang dilakukan untuk menempelkan kulit ke ujung gendang kayu?

Untuk menempelkan kulit ke ujung gendang kayu, Suku Kamora memakai darah mereka sendiri yang berasal dari kucuran darah di bagian paha. Mereka biasanya menggunakan silet untuk membuat luka di paha mereka.

5. Tradisi Barapen
5 Tradisi Unik dari Papua yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Masyarakat di beberapa wilayah Wamena mempunyai tradisi yang cukup unik yang biasa disebut Barapen atau bakar batu. Barapen ialah sebuah tradisi masak bersama dengan seluruh warga kampung dengan menggunakan batu yang dibakar hingga membara sebagai alat masak utama.

Tradisi ini biasanya dipimpin oleh kepala suku yang menggunakan pakaian adat dan berkeliling untuk mengundang para anggota kampungnya. Kemudian, setelah berkumpul, para warga kampung berburu hewan di hutan atau sekitar kampung mereka untuk dijadikan bahan makanan utama. Lalu, beberapa masyarakat menerima hewan tersebut untuk dimasak dan sebagian lainnya manata baru untuk disiapkan menjadi bara dan melakukan tarian khas mereka.

Sudah seharusnya kita bangga dengan tradisi-tradisi budaya yang tersebar di berbagai wilayah nusantara. Tradisi-tradisi tersebut merupakan sebuah bentuk peninggalan dari budaya serta sejarah yang dijalani oleh nenek moyang kita, sehingga penting bagi kita untuk mempelajari nilai-nilai sekaligus makna yang terkandung di dalamnya.

Nah, itu dia lima tradisi yang berasal dari Papua yang wajib kamu ketahui. Selain mempunyai kekayaan sumber daya dan pemandangan alam yang indah, ternyata Papua memiliki tradisi yang sangat unik ya.