Beberapa Museum yang Menyajikan Koleksi Benda Aneh & Gaib

Beberapa Museum yang Menyajikan Koleksi Benda Aneh & Gaib

Beberapa Museum yang Menyajikan Koleksi Benda Aneh & Gaib – Museum  adalah institusi permanen, nirlaba, melayani kebutuhan publik, dengan sifat terbuka, dengan cara melakukan usaha pengoleksian, mengkonservasi, meriset, mengomunikasikan, dan memamerkan benda nyata kepada  masyarakat untuk kebutuhan studi, pendidikan, dan kesenangan.

Karena itu ia bisa menjadi bahan studi oleh kalangan akademis, dokumentasi kekhasan masyarakat tertentu, ataupun dokumentasi dan pemikiran imajinatif pada masa depan. Sejak tahun 1977, setiap tanggal 18 Mei di peringati sebagai Hari Museum Internasional.Museum adalah tempat menyimpan barang kuno yang bisa dipamerkan.

Biasanya benda-benda peninggalan sejarah dimuseumkan supaya awet, dan generasi berikutnya mendapatkan kesempatan untuk melihatnya. Seiring berjalannya waktu, nggak cuma barang-barang peninggalan kuno’saja yang dipamerkan.

1. Museum of Broken Relationship
6 Museum Terunik di Dunia, Mulai Koleksi Ramen Hingga Benda Gaib

Museum yang terletak di kota Zagreb, Kroasia ini memiliki puluhan koleksi barang dari hasil sumbangan warga, peninggalan mantan kekasihnya.

Beberapa benda tersebut dipamerkan, dan ada keterangan di bawahnya berupa kisah dari pasangan tersebut. Jadi, barang pemberian mantan jangan buru-buru dibuang. Bawa saja ke sini. Hihihi

2. Museum of Sex atau dikenal dengan Mo Sex
6 Museum Terunik di Dunia, Mulai Koleksi Ramen Hingga Benda Gaib

Benar ada, lho. Museum ini terletak di 233 Fifth Avenue, New York City, AS. Karena ini adalah museum seks, jadi ada ketentuannya. Yaitu pengunjung yang boleh masuk adalah berusia 18 tahun ke atas.

Koleksinya beragam. Mulai dari koleksi film erotis tahun 1800-an, seni erotis, patung alat kemaluan, hingga kostum yang biasa digunakan untuk bercinta. Ckckck

3. Occult Museum
6 Museum Terunik di Dunia, Mulai Koleksi Ramen Hingga Benda Gaib

Bagi yang sudah pernah nonton Annabelle, pasti langsung ngeh sama satu benda pada gambar di atas. Yap, boneka di dalam lemari kaca yang warnanya agak kemerahan. Itulah bonekanya.

Museum yang terletak di kota Monroe, Connecticut, AS ini beneran lho, guys. Mereka benar-benar ada di dalam rumah Ed dan Lorraine. Pssstt… Museum ini menjadi museum terlengkap di dunia yang mengoleksi puluhan benda gaib. Satu di antaranya boneka Annabelle.

4. Momofuku Ando Instant Ramen Museum
6 Museum Terunik di Dunia, Mulai Koleksi Ramen Hingga Benda Gaib

Anda pecinta atau tertarik dengan sejarah mie instan? Sepertinyaa wajib datang ke museum ini. Letaknya di kota Ikeda, Osaka, Jepang. Dimaksudkan untuk mengenang Momofuku Ando, dan juga mengisahkan perjalanan beliau dalam memproduksi mie instan, hingga cita-citanya agar mie instan dapat mendunia. Siapa Momofuku Ando? Beliau adalah orang pertama yang menciptakan mie instan, lho.

5. Cockroach Hall of Fame Museum
6 Museum Terunik di Dunia, Mulai Koleksi Ramen Hingga Benda Gaib

Kalian yang geli pasti menjerit melihat ada kecoak nampang di sini. Hihihi... Ada loh museum yang khusus memamerkan kecoak mati dan dikeringkan.

Lucunya, kecoak-kecoak ini ditata sedemikian rupa hingga gayanya menyerupai artis atau melakukan aktivitas tertentu. Kalau kalian penasaran, kalian bisa mengunjungi Museum yang terletak di Kota Plano, Texas, AS ini.

6. Sulabh International Museum of Toilets
6 Museum Terunik di Dunia, Mulai Koleksi Ramen Hingga Benda Gaib

Museum ini dibangun sejak tahun 1992, lho. Koleksi di museum ini adalah evolusi sejarah perkembangan toilet dari masa ke masa. Mulai desain yang paling kuno hingga sekarang. Museum ini terletak di New Delhi, India.

Keberadaan museum sangat penting karena memiliki tanggung jawab dan fungsi untuk melestarikan, membina, sekaligus mengembangkan budaya masyarakat baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud. Melalui pesan-pesan yang dirangkai lewat display dan ruang pameran, museum di Indonesia berfungsi sebagai sarana komunikasi dan jembatan penghubung yang dapat memicu kesadaran dan pengetahuan bagi masyarakat.

Keberadaan museum di Indonesia menjadi sangat penting mengingat museum tidak hanya memiliki fungsi sebagai pelindung benda cagar budaya, melainkan juga sebagai tempat pembentukan ideologi, disiplin, dan pengembangan pengetahuan bagi publik.

Hal itu juga ditegaskan dalam kode etik ICOM, “Museum memiliki tugas penting untuk mengembangkan peran pendidikan dan menarik pengunjung lebih luas dari kalangan masyarakat, lokalitas, atau kelompok yang dilayaninya. Interaksi dengan masyarakat pendukung dan pembinaan serta promosi warisan yang diampunya merupakan bagian integral dari pendidikan yang harus dilaksanakan oleh museum.