Beberapa Mitos Kuno yang Dianggap Sebagai Legenda Nyata

Beberapa Mitos Kuno yang Dianggap Sebagai Legenda Nyata

Beberapa Mitos Kuno yang Dianggap Sebagai Legenda Nyata – Legenda (legere) adalah cerita rakyat yang berisikan tentang tokoh, peristiwa, atau tempat tertentu yang mencampurkan fakta historis dengan mitos. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai “Sejarah” kolektif (folk history).

Mitos dan legenda adalah dua kata yang sering dimaknai secara kabur atau tidak jelas bagi banyak orang jika membaca kisah-kisah epik di masa lalu. Dengan kata lain, masih belum dapat dipahami apakah kisah tersebut merupakan legenda asli atau hanya mitos yang diceritakan dari generasi ke generasi.

Nah, kali ini kita akan melihat beberapa kisah epik yang mendunia dan dianggap legenda oleh banyak orang. Bagaimana sains memandang kisah-kisah besar tersebut?

1. Kisah Gilgamesh
Epik dan Mendunia, 5 Mitos Kuno yang Dianggap Legenda Nyata

Sekitar 4 ribu tahun lalu, sebuah kisah atau cerita tentang raja dan kepahlawanan pernah muncul di wilayah Babilonia. Dicatat dalam World History, kisah yang dinamakan Epic of Gilgamesh tersebut diukir di beberapa batuan dengan susunan bahasa Sumeria Kuno.

Dalam kisahnya, Gilgamesh digambarkan sebagai sosok raja setengah dewa yang mencari sumber keabadian. Setelah mencari dan bertualang di seluruh dunia, Gilgamesh sempat mendapatkan keabadian sebelum akhirnya dicuri oleh ular.

Namun, hal itu justru membuatnya menjadi raja yang bijaksana. Salah satu pengaruh dari mitos tersebut adalah keberadaan manusia serigala di Eropa. Meskipun hanya mitos, ada sebagian orang percaya bahwa riwayat Gilgamesh merupakan kisah yang nyata.

2. Kisah di balik 12 zodiak
Epik dan Mendunia, 5 Mitos Kuno yang Dianggap Legenda Nyata

Rasi bintang sudah digunakan oleh orang-orang zaman dulu untuk menentukan arah. Namun, dalam perkembangan sejarahnya, rasi bintang justru banyak dipakai untuk meramal kepribadian. Well, tentunya kamu pun sering mendengar atau membaca mengenai ramalan-ramalan yang berkaitan dengan rasi bintang, bukan?

Dilansir Britannica, sejarah penamaan dan pembuatan simbol dari zodiak dipelopori oleh orang-orang Yunani di zaman kuno. Ragam rasi bintang tersebut ditambahkan kisah-kisah epik dan mitos untuk membuatnya menjadi terkenal. Oh ya, selain dua belas rasi bintang, dunia juga mengenal dua belas shio yang muncul di Tanah Tiongkok pada zaman dulu.

Nah, khusus di Yunani, ada kisah epik di balik dua belas rasi bintang tersebut. Penamaan dan gambaran dari zodiak bahkan diyakini berhubungan dengan dewa dewi mereka di zaman purba. Meskipun begitu, di masa kini orang-orang Yunani tidak lagi memercayai mitos-mitos mengenai zodiak tersebut.

3. Kisah dewa dan dewi Olimpus
Epik dan Mendunia, 5 Mitos Kuno yang Dianggap Legenda Nyata

Siapa tak kenal dengan mitologi Yunani yang satu ini? Yup, kisah mengenai dewa dan dewi Olimpus merupakan salah satu kisah mitologi terbesar di Yunani yang masih diceritakan sampai saat ini. Faktanya, orang Yunani modern sudah tidak memercayai mitos-mitos tersebut meskipun nama-nama mereka seolah menjadi legenda bagi banyak orang.

Dalam lamannya, Mental Floss menjelaskan bahwa di zaman kuno, tidak semua orang Yunani percaya pada dewa dan dewi Olimpus. Mereka bisa menciptakan dewa dan dewi lainnya sesuai dengan kebudayaan mereka masing-masing. Jadi, kisah mitologi yang diceritakan secara intens dari generasi ke generasi bisa membuatnya dianggap sebagai legenda hidup di masa lalu.

4. Kisah drakula yang terinspirasi dari Raja Vlad III
Epik dan Mendunia, 5 Mitos Kuno yang Dianggap Legenda Nyata

Raja Vlad III atau Vlad Sang Penyula mungkin dinobatkan sebagai salah satu raja paling kejam yang pernah ada. Ditulis dalam laman Study, Raja Vlad III yang memerintah Wallachia (wilayah Romania) pada abad ke-15 memang dikenal sangat kejam terhadap musuh-musuhnya. Ia akan menyula atau menusuk musuh-musuhnya dengan tombak panjang dan dibiarkan begitu saja di luar gerbang istana.

Namun, inspirasi dari kisah tersebut justru memunculkan mitos baru, yakni kisah akan Drakula. Kisah horor ini dimunculkan pada abad ke-19 oleh Bram Stoker, seorang novelis asal Irlandia. Ia menulis novel berjudul Dracula dan menjadi salah satu karya terbaiknya sampai detik ini. Konon katanya, kisah Drakula versi Bram Stoker terinspirasi dari kisah Raja Vlad III.

5. Kisah perang besar Troya dan pernak-pernik di dalamnya
Epik dan Mendunia, 5 Mitos Kuno yang Dianggap Legenda Nyata

Tidak diketahui dengan pasti apakah perang besar bangsa Troya di zaman dulu pernah terjadi atau tidak. Ilmuwan dan sejarawan menemukan peninggalan dari peradaban bangsa Troya, namun tidak dengan jejak peperangan besar. Bahkan, sebuah kisah tentang Kuda Troya juga sulit dikonfirmasi kebenarannya karena minimnya bukti sahih di lapangan.

Terlepas pernah terjadi atau tidak, kisah peperangan Troya dan pernak-perniknya telah menjadi legenda tersendiri di kalangan orang Yunani, Turki, dan wilayah Mediterania lainnya. Salah satu kisah mitologi terbesar yang masih menjadi misteri adalah kuda kayu besar yang konon menghancurkan kerajaan tersebut. Ya, kuda tersebut dijadikan kendaraan bagi pasukan musuh untuk memasuki tembok besar milik Troya.

Ilmuwan pernah menemukan sedikit jejak yang diduga berasal dari Kuda Troya, tapi kemudian mereka kembali ke jalan buntu. Dilansir University of Oxford, kisah mengenai kuda raksasa tersebut mungkin hanya ada dalam catatan-catatan puisi atau dongeng rakyat Yunani kuno.

Menurut Buku Sari Kata Bahasa Indonesia, legenda adalah cerita rakyat zaman dahulu yang berkaitan dengan peristiwa dan asal usul terjadinya suatu tempat. Contohnya: Sangkuriang, Batu Menangis, dan Legenda Pulau Giliraja.

Menurut Pudentia, legenda adalah cerita yang dipercaya oleh beberapa  penduduk setempat benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci atau sakral yang juga membedakannya dengan mite. Dalam KBBI 2005, legenda adalah cerita rakyat pada zaman dahulu yang ada hubungannya dengan peristiwa sejarah.

Menurut Emeis, legenda adalah cerita kuno yang setengah berdasarkan sejarah dan yang setengah lagi berdasarkan angan-angan. Menurut William R. Bascom, legenda adalah cerita yang mempunyai ciri-ciri yang mirip dengan mitos, yaitu dianggap benar-benar terjadi, tetapi tidak dianggap suci. Menurut Hooykaas, legenda adalah dongeng tentang hal-hal yang berdasarkan sejarah yang mengandung sesuatu hal yang ajaib atau kejadian yang menandakan kesaktian.