Beberapa Hewan Spesial yang Diagungkan Oleh Budaya Tertentu

Beberapa Hewan Spesial yang Diagungkan Oleh Budaya Tertentu

Beberapa Hewan Spesial yang Diagungkan Oleh Budaya Tertentu – Setidaknya ada 10 hewan yang disakralkan di beberapa bagian dunia dengan berbagai alasan seperti dikutip laman listdose.com, banyak dari hewan ini haram disentuh dan dimakan oleh manusia. Mereka diserupakan dengan Tuhan dan kerap disandingkan dengan Sang Pencipta.

Ketika berbicara tentang kepercayaan-kepercayaan yang ada di dunia saat ini, kamu pasti sedikit banyak memperhatikan adanya kepercayaan yang mengagungkan hewan. Sebagai contoh dan yang terdekat adalah agama Hindu yang menganggap sakral sapi. Kenyataannya ada banyak hewan pula yang diagungkan seperti ini.

Fenomena mengagungi hewan ini ternyata memiliki istilah sendiri bernama zoolatry. Hewan yang disembah itu umumnya lebih dipandang sebagai penjelmaan dewa yang telah berinkarnasi atau karena dianggap memiliki simbol-simbol tertentu yang berhubungan dengan kesucian.

1. Sapi
9 Hewan Spesial yang Sering Dipuja dan Dianggap Sakral

Sapi dianggap mulia di Hindu, Jainisme, dan Zoroastrianisme. Untuk Hindu sendiri, sapi merupakan hewan istimewa karena kisah tentang dewa Siwa menyebut dewa tersebut memiliki peliharaan sapi bernama Nandi.

Untuk menghormatinya, maka umat Hindu memilih untuk tidak memakan sapi. Akan tetapi penghormatan ini tidak mengindikasikan sapi sebagai penjelmaan dewa.

Agama Hindu, Jainisme dan Zoroastrianisme menganggap sapi sebagai binatang suci karena bersifat rendah hati. Begitu halnya Mesir kuno, Yunani, Romawi dan Israel.

Alasannya karena sapi bermanfaat bagi kehidupan seperti membantu mengolah lahan, memeras susunya hingga kotorannya sekali pun bisa dimanfaatkan. Bahkan sebagian beranggapan jika meminum urine sapi bisa membawa keberuntungan dan kemakmuran

2. Anjing
9 Hewan Spesial yang Sering Dipuja dan Dianggap Sakral

Ada banyak kepercayaan yang menghormati sahabat terbaik manusia berkaki empat ini. Mulai dari Hindu, Yunani kuno, sampai budaya di Nepal lewat festivalnya bernama Kukur Tihar.

Seringnya, anjing dianggap melambangkan kewaspadaan, kasih sayang, serta kesetiakawanan. Salah satu contoh anjing yang diagungkan adalah anjing berkepala tiga, Cerberus.

Bukan hanya sebagai hewan peliharaan, Hindu memiliki tradisi unik terhadap anjing yakni festival yang diselenggarakan selama 5 hari yang didedikasikan untuk binatang penjaga tersebut. Sedangkan hari kedua Tahun Baru Imlek dijadikan sebagai hari ulang tahun anjing.

Masyarakat Mesir kuno bukan hanya menyayangi kucing, di hati mereka anjing pun binatang yang harus dihormati karena diasosiasikan dengan Anubis (Dewa Kematian).

3. Gajah
9 Hewan Spesial yang Sering Dipuja dan Dianggap Sakral

Untuk Hindu, gajah juga menjadi salah satu hewan yang mulia di sana. Gajah sendiri merupakan perwujudan dari Ganesha, dewa Hindu yang berwujud gajah pula.

Dalam merayakan hewan besar tersebut, masyarakat Hindu memiliki festival bernama Ganesh Chaturthi yang mana mereka merayakannya dengan banyak membunyikan lonceng dan bel.

4. Kambing
9 Hewan Spesial yang Sering Dipuja dan Dianggap Sakral

Di dalam zodiak China, kambing merupakan salah satu hewan yang masuk dalam deretan 12 hewan zodiak. Umumnya mereka yang mendapat zodiak ini dikenal kalem, lembut, kreatif, dan profesional.

Untuk budaya lain, kambing juga sering menjadi perwujudan makhluk mitologis. Sebut saja satyr yang ada dalam mitologi Yunani.

5. Monyet
9 Hewan Spesial yang Sering Dipuja dan Dianggap Sakral

Monyet juga dianggap mulia di Hindu. Sedikit banyak ini berhubungan pula dengan salah satu dewa atau makhluk mitologi dalam budaya tersebut, yaitu Hanuman.

Di Bali, terdapat beberapa lokasi yang membiarkan monyet-monyet berkeliaran sesuka hati. Salah satu contohnya adalah Hutan Monyet Ubud.

Hindu mempercayai monyet sebagai warisan budaya. Bahkan hewan primata ini dianggap sebagai Dewa, yakni Dewa monyet Hanuman. Masyarakat Bali yang mayoritas beragama Hindu pun menjadikan candi bukan hanya sebagai tempat ibadah nan suci, melainkan sebagai habitat monyet juga.

Jepang memiliki sebuah pepatah ‘see no evil, hear no evil and speak no evil’ yang mana ungkapan tersebut diwakili oleh tiga ekor monyet yang sedang menutup mata, telinga dan mulutnya.

6. Babi
9 Hewan Spesial yang Sering Dipuja dan Dianggap Sakral

Babi dalam budaya China kuno dinilai sebagai sosok yang mistis, mengingat mereka masuk dalam daftar 12 hewan zodiak China. Mereka yang lahir pada tahun babi dinilai rajin dan mudah mendapatkan kepercayaan orang.

7. Ular
9 Hewan Spesial yang Sering Dipuja dan Dianggap Sakral

Ada banyak tempat yang menganggap ular sebagai hewan yang patut disakralkan. Salah satunya bisa dilihat dari simbol yang ada di apotek. Itu adalah simbol dari caduceus atau Asclepius. Pada dasarnya itu adalah simbol dari kesehatan dan pengobatan.

8. Kucing
9 Hewan Spesial yang Sering Dipuja dan Dianggap Sakral

Sphinx adalah salah satu perwujudan penyembahan orang Mesir kuno akan kucing. Lebih dari itu, kucing dalam budaya tersebut juga melambangkan kekayaan dan keberuntungan.

Karenanya pada zaman itu, para pejabat dan orang kaya Mesir selalu memiliki kucing sebagai hewan peliharaan. Kurang lebih pandangan akan kucing ini serupa dengan yang ada di Jepang (maneki-neko), yang dipercaya membawa keberuntungan.

Tradisi Mesir kuno kucing adalah binatang yang sangat dihormati, bahkan diperkirakan jika kucing mulai ada sejak era ini. Kemampuan kucing untuk menghalau kutu dan ular pun dianggap sebagai simbol keanggunan dan ketenangan.

Bahkan jika ada masyarakat yang membunuh kucing maka akan di hukum mati. Tak hanya itu, kucing yang sudah meninggal oleh Mesir kuno kerap dimumikan.

9. Harimau
9 Hewan Spesial yang Sering Dipuja dan Dianggap Sakral

Di cerita rakyat Korea, harimau merupakan hewan mistis yang menjaga area barat negara tersebut. Simbolnya yang erat dengan kekuatan dan keberanian membuatnya dimuliakan demi mengusir kejahatan. Kepercayaan ini terjadi pula di India dengan beberapa suku mempercayai harimau sebagai hewan pelindung.