Beberapa Hal Unik dan Menarik Dari Museum Keris Nusantara

Beberapa Hal Unik dan Menarik Dari Museum Keris Nusantara

Beberapa Hal Unik dan Menarik Dari Museum Keris Nusantara – Keris merupakan senjata tikam golongan belati (berujung runcing dan tajam pada kedua sisinya) berasal dari pulau Jawa yang memiliki ragam fungsi budaya  yang dikenal di kawasan Nusantara bagian barat dan tengah.

Bentuknya khas dan mudah dibedakan dari senjata tajam lainnya karena tidak simetris di bagian pangkal yang melebar, sering kali bilahnya berkelok-kelok, dan banyak di antaranya memiliki pamor (damascene), yaitu terlihat serat-serat lapisan logam cerah pada helai bilah.

Pada tahun 2017 Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meresmikan museum ini. Koleksinya tidak hanya keris, namun beberapa benda pusaka yang dikumpulkan dari seluruh Nusantara. Pada umumnya, keris-keris ini merupakan hibah dari perseorangan atau instansi.

1. Arah bangunan yang lain daripada yang lain
5 Hal Unik Yang Bisa Kalian Temukan di Museum Keris Nusantara

Museum Keris Nusantara terdiri dari empat lantai ditambahkan basement  untuk menampung kendaraan pengunjung. Arah bangunannya unik, tidak seperti bangunan lain di sekitar museum yang rata-rata mengarah ke barat, timur atau selatan, Museum Keris malah mengarahkan ke barat laut.

2. Bernuansa Jawa banget
5 Hal Unik Yang Bisa Kalian Temukan di Museum Keris Nusantara

Selain bangunan yang arahnya nyeleneh, museum ini juga kental dengan nuansa Jawanya. Mulai dari patung buto yang menjadi penjaga pintu masuk, ornamen ruangan, bahkan ucapan selamat datang saja menggunakan Bahasa Jawa. Keren kan?

3. Backsound gending Jawa
5 Hal Unik Yang Bisa Kalian Temukan di Museum Keris Nusantara

Tidak seperti tempat wisata lain yang sering memperdengarkan musik-musik populer, misalkan dangdut atau lagu kekinian. Museum Keris Nusantara ini memperdengarkan irama gending Jawa yang terdengar magis. Mengingatkan kalian tentang tarian Jawa yang lemah gemulai namun memiliki nilai seni yang tinggi.

4. Menyimpan koleksi keris milik Joko Widodo
5 Hal Unik Yang Bisa Kalian Temukan di Museum Keris Nusantara

Dari sekian ratus koleksi pusaka yang dimiliki oleh Museum baik keris maupun tombak. yang paling menarik perhatian adalah keris yang dimiliki oleh Joko Widodo. Keris ini memang khusus dihibahkan kepada Museum. Kalian dapat menemukannya di lantai paling atas Museum. Di letakkan di tempat terpisah dengan yang lain menggunakan pembatas berwarna merah. Konon, keris ini berharga miliaran rupiah.

5. Mendapatkan penghargaan dari UNESCO
5 Hal Unik Yang Bisa Kalian Temukan di Museum Keris Nusantara

UNESCO merupakan badan internasional yang mengurusi masalah budaya. Dengan bangga Museum Keris Nusantara ini mendapatkan sertifikat dari UNESCO karena memiliki sudah menghargai dan menjaga kekayaan budaya lokal.

Itulah Museum Keris Nusantara yang menjadi destinasi wisata baru kota Solo yang sangat layak untuk dikunjungi untuk menambah pengetahuan kalian tentang warisan budaya bangsa Indonesia yang hebat.

Pada masa lalu keris berfungsi sebagai senjata dalam duel atau peperangan,  sekaligus sebagai benda pelengkap sesajian. Pada penggunaan masa kini, keris lebih merupakan benda aksesori (ageman) dalam berbusana, memiliki sejumlah simbol budaya, atau menjadi benda koleksi yang dinilai dari segi estetikanya.

Penggunaan keris tersebar pada masyarakat penghuni wilayah yang pernah terpengaruh oleh Majapahit, seperti Jawa, Madura, Nusa Tenggara, Sumatra, pesisir Kalimantan, sebagian Sulawesi, Semenanjung Malaya, Thailand Selatan, dan Filipina Selatan (Mindanao).