Beberapa Destinasi Wisata di Perak-Malaysia Terkenal Angker

Beberapa Destinasi Wisata di Perak-Malaysia Terkenal Angker

Beberapa Destinasi Wisata di Perak-Malaysia Terkenal Angker – Perak Darul Ridzuan   merupakan negara bagian Malaysia di pantai barat Semenanjung Malaya. Perak berbatasan langsung dengan negara bagian Kedah di utara, Pulau Pinang di barat laut,  Kelantan dan Pahang di timur, dan Selangor di selatan. Perak merupakan negara bagian Malaysia yang terletak di Semenanjung Malaya.

Ibu kota Perak, Ipoh, dikenal secara historis karena kegiatan penambangan timahnya hingga harga logam turun, yang sangat mempengaruhi perekonomian negara bagian. Tak hanya terkenal dengan keragaman kulinernya, Perak juga memiliki banyak tujuan wisata yang menggoda. Bentang alam dan budaya yang ada di sana turut berpengaruh pada industri pariwisatanya.

Kamu bisa melihat goa yang indah, bangunan mirip pagoda, hingga bangunan bersejarah yang populer dengan cerita seramnya. Jika kamu memiliki rencana untuk traveling ke Perak, beberapa destinasi wisata di bawah ini bisa jadi pilihanmu.

1. Gua Tempurung
6 Destinasi Wisata di Perak-Malaysia, Ada yang Terkenal Angker

Gua Tempurung berada di kawasan Gopeng. Dengan panjang lebih dari 3 km, gua ini menjadi salah satu gua terpanjang di Semenanjung Malaysia. Ada sungai yang indah mengalir di dalamnya dengan panjang sekitar 1,6 km.

Gua ini juga memiliki 3 ruangan besar dengan stalaktit dan stalakmit yang indah. Karena dikembangkan sebagai salah satu objek wisata, gua ini sudah dilengkapi dengan jalan setapak dan penerangan yang cukup memadai. Kamu juga bisa mengikuti tour dengan tingkat kesulitan yang bervariasi.

2. Menara Condong Telok Intan 
6 Destinasi Wisata di Perak-Malaysia, Ada yang Terkenal Angker

Jika Italy memiliki Menara Pisa, maka Malaysia memiliki Menara Condong.  Menara ini memiliki ketinggian 25,5 m. Meski dari luar terlihat seolah-olah memiliki 8 tingkat, sebenarnya menara ini hanya terdiri dari 3 lantai.

Lantai ke tiga ini digunakan sebagai tangki air.  Tanah untuk pondasi yang lunak serta beratnya tangki air adalah penyebab kenapa menara ini menjadi miring. Arsitektur Cina sangat terasa dengan desain pagodanya karena dulunya orang Cina merupakan penduduk mayoritas di kawasan itu.

3. Kuil Kek Lok Tong
6 Destinasi Wisata di Perak-Malaysia, Ada yang Terkenal Angker

Kek Lok Tong berarti gua kebahagiaan tertinggi. Jadi jangan heran jika kamu merasa suasana yang tenang dan bahagia di tempat ini. Apalagi ketika melihat kuil dengan taman zennya, kawasan ini bisa jadi destinasi yang cocok untuk kamu yang ingin menenangkan diri.

Kek Lok Tong merupakan kuil gua batu kapur dengan luas 12 hektar. Gua ini mempertahankan bentuk dinding dan langit-langit aslinya tapi bagian lantainya sudah diratakan dan diberi ubin. Ada beberapa bangunan dengan gaya oriental di sana.

4. Museum Diraja Kuala Kangsar
6 Destinasi Wisata di Perak-Malaysia, Ada yang Terkenal Angker

Museum Diraja Kuala Kangsar juga dikenal dengan sebutan Museum Kerajaan Perak.  Dulu museum ini dikenal dengan berbagai nama seperti Istana Kenangan, Istana Lembah dan Istana Tepas. Istana ini dibangun pada tahun 1996 di kota Kuala Kangsar dengan panjang sekitar 41 m dan lebar 11 m.

Istana ini dibangun dengan desain arsitektur Melayu tradisional. Warna putih, hitam, dan kuning menjadi warna utamanya. Terdapat berbagai ukiran dengan pola tenun tradisional Melayu di dindingnya.

5. Lost World of Tambun 
6 Destinasi Wisata di Perak-Malaysia, Ada yang Terkenal Angker

Lost World of Tambun adalah taman bermain yang terdapat di Kota Sunway, Tambun. Taman ini memiliki luas 40 hektar. Selain memiliki wahana bermain yang seru, taman ini juga memiliki kebun binatang dan tempat pemandian air panas. Air di pemandian air panasnya berasal dari sumber mata air alami.

Lost World of Tambun juga memiliki kolam ombak terbesar di Malaysia dan sungai petualangan sepanjang 660 m. Selain itu kamu bisa menikmati berbagai atraksi yang memacu adrenalin di sini, seperti panjat tebing dan zip line.

6. Kellie’s Castle
6 Destinasi Wisata di Perak-Malaysia, Ada yang Terkenal Angker

Bangunan ini awalnya dibangun untuk kediaman keluarga William Kellie Smith. Namun karena Kellie meninggal, pembangunan kastil ini tak pernah diselesaikan.

Uniknya banyak yang percaya bahwa Kellie’s Castle merupakan salah satu tempat angker di Malaysia. Hal ini tak lepas dari tragedi yang terjadi selama pembangunannya. Banyak pekerjanya tewas oleh flu Spanyol yang menjadi wabah menakutkan kala itu.

Bahkan setelah bangunan ini ditinggal pemiliknya, Kellie’s Castle justru menjadi saksi pembantaian yang dilakukan tentara Jepang yang pernah berkuasa. Jadi tak heran jika beberapa penduduk dan wisatawan mengatakan kalau mereka melihat penampakan di kastil ini.