Alasan Membuat Blog Pribadi Bermanfaat untuk Sukses Kariermu

Alasan Membuat Blog Pribadi Bermanfaat untuk Sukses Kariermu

Alasan Membuat Blog Pribadi Bermanfaat untuk Sukses KariermuBlog (dari kata web log) adalah bentuk aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Tulisan-tulisan ini sering kali dimuat dalam urutan isi terbaru dahulu sebelum diikuti isi yang lebih lama, meskipun tidak selamanya demikian.

Di era digital seperti saat ini, semakin banyak orang yang memiliki blog pribadi. Apalagi, keberadaan berbagai platform online untuk blogging semakin mempermudah kita dalam membuat blog pribadi.

Gak hanya sebagai hobi, membuat blog pribadi memberikan banyak keuntungan untuk kita. Salah satunya adalah Club388 Indonesia membuat karier kita lebih sukses. Kita semua tentu ingin sukses berkarier, bukan?

Berikut ini beberapa alasan kenapa memiliki blog pribadi bermanfaat untuk kesuksesan kariermu.

1. Membentuk jejak digital positif
5 Alasan Membuat Blog Pribadi Bermanfaat untuk Kesuksesan Kariermu

Melalui blog pribadi, kamu bisa meninggalkan jejak digital positif di internet. Kamu bisa membuat berbagai konten bermuatan positif atau menginspirasi di blogmu. Dengan konten-konten yang positif, itu menunjukan bahwa kamu memiliki kepribadian yang baik.

Hal ini tentu sangat bermanfaat ketika kamu ingin melamar pekerjaan. HR perusahaan umumnya akan mencari namamu di internet ketika proses perekrutan sebelum tahap wawancara. Begitu HR mengetahui blogmu tersebut, mereka akan lebih mengenal dan familier dengan kepribadianmu. Kamu pun mungkin lebih berpeluang untuk dipanggil ke tahap wawancara dan bahkan diterima kerja.

2. Meningkatkan profil profesionalmu
5 Alasan Membuat Blog Pribadi Bermanfaat untuk Kesuksesan Kariermu

Blog pribadi juga bisa membantu meningkatkan profil profesionalmu, lho. Saat membuat blog, kamu mungkin juga akan menulis konten-konten yang berkaitan dengan expertise atau keahlianmu.

Kamu pun bisa membentuk portfolio di blogmu. Misalnya buat kamu lulus pertanian, kamu bisa membuat blog terkait pertanian. Bila HR melihat blogmu tersebut, hal ini tentu bisa meyakinkan mereka bahwa kamu memang memiliki keahlian di bidang tersebut. Blogmu juga menunjukkan bahwa kamu memang memiliki passion dan motivasi di bidang tersebut.

3. Meningkatkan jejaring atau networking
5 Alasan Membuat Blog Pribadi Bermanfaat untuk Kesuksesan Kariermu

Kita mungkin sudah tahu bahwa dalam dunia kerja, networking bisa sangat bermanfaat untuk kesuksesanmu. Kesempatan networking ini bisa kamu dapatkan secara langsung, misalnya melalui forum atau event lainnya, tapi juga bisa didapatkan via online, misalnya forum online, grup LinkedIn atau media sosial lainnya.

Kamu juga bisa membangun jejaring melalui blog pribadi, lho dengan orang yang punya pemikiran atau visi sejalan denganmu. Misalnya, kamu memiliki hobi fotografi dan punya blog pribadi terkait tips fotografi dan berbagai contoh hasil karyamu.

Kalau kamu mencantumkan info kontak di blogmu, bukan gak mungkin orang lain yang suka dengan dunia fotografi akan mengontak kamu, baik untuk sekadar bertanya, belajar, atau bahkan menawarimu untuk membuat proyek bersama.

4. Meningkatkan skill
5 Alasan Membuat Blog Pribadi Bermanfaat untuk Kesuksesan Kariermu

Dengan membuat blog pribadi, kamu juga bisa sekaligus mengasah skill atau bahkan belajar skill baru. Beberapa skill yang bisa kamu asah, misalnya kemampuan menulis, kreativitas dalam menemukan bahan untuk konten yang menarik, desain website, SEO (search engine optimization), penggunaan alat analitis seperti Google Analytics, dan lain sebagainya.

Tentu saja, skill-skill tersebut bisa bermanfaat di dunia kerja, apalagi di zaman digital seperti saat ini. Setidaknya, berbagai skill tersebut bisa menunjang kariermu.

5. Membuat kamu up-to-date dengan berita terkini
5 Alasan Membuat Blog Pribadi Bermanfaat untuk Kesuksesan Kariermu

Saat memiliki blog pribadi, kamu mungkin ingin menulis konten yang berkualitas. Untuk membuat artikel yang bermutu dan mengundang banyak pembaca, mau gak mau kamu harus banyak membaca berita atau tren terkini.

Dengan begitu, kamu pun akan stay updated dengan berita atau tren terkini. Hal ini tentu sangat bermanfaat dalam dunia kerja yang seringkali membutuhkan hal-hal ter-update.

Nah, gak hanya sebagai ‘gaya-gayaan’ atau sebagai hobi, membuat blog pribadi ternyata bisa memberikan manfaat untuk kemajuan karier kita. Buat kamu yang sudah memiliki blog pribadi, yuk manfaatkan blogmu sebaik-baiknya.

Teruslah menulis dan mengisi blogmu dengan hal-hal positif yang menginspirasi. Buat kamu yang belum punya blog pribadi, tunggu apa lagi, yuk segera buat blogmu!